SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMPN
Kelas/Semester :VII
Mata
pelajaran : Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
Materi
Pokok :NKRI
Alokasi
Waktu :4x40 Menit
Kompetensi
Inti : Perumusan Dasar Negara,
Keanekaragaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam NKRI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
||||||
|
4.5
Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari
NKRI
|
Letak
Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
|
Mencari
informasi tentang Letak Geografis
daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
|
Aspek kognitif produk
Menjelaskan
tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
|
TES Tulis
|
Uraian
|
LP
1:
Jelaskan
Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
|
4x40
menit
|
Buku
bacaan tentang NKRI
Koran
Buku
PKn kelas VII
Artikel
peta
|
|
Letak
Geografis daerah tempat tinggalnya Kota
Surabaya
|
Mencari
informasi tentang Letak Geografis daerah
tempat tinggalnya Kota Surabaya
|
Aspek kognitif produk
Menjelaskan
tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya Kota Surabaya
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
LP
1:
Jelaskan
Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Kota Surabaya
|
|||
|
Batas-batas
wilayah Kabupaten Gresik
|
Mencari
informasi dari peta tentang batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
|
Aspek kognitif produk
Menyebutkan batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
|
Tes
tulis
|
uraian
|
LP
1
Sebutkan
batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
|
|||
|
Batas-batas
wilayah Kabupaten Gresik
|
Mencari
informasi dari peta tentang batas-batas wilayah Kota surabaya
|
Aspek kognitif produk
Menyebutkan batas-batas wilayah Kota Surabaya
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
LP
1
Sebutkan
batas-batas wilayah Kota Surabaya
|
|||
|
Perekonomian
Kabupaten Gresik
|
Mencari
informasi tentang Perekonomian Kabupaten Gresik
|
Aspek kognitif proses
Menunjukkan
perekonomian di Kabupaten Gesik
|
Tes
tertulis
|
uraian
|
LP2:
Carilah
macam-macam perekonomian yang ada yang di Kabupaten Gresik jika dilihat dari
industri!
|
|||
|
Perekonomian
Kabupaten Kota Surabaya
|
Mencari
informasi tentang perbedaan Perekonomian Kota Surabaya
|
Aspek kognitif proses
Menunjukkan
perekonomian Kota Surabaya
|
Tes
tertilis
|
Uraian
|
LP2:
Carilah
macam-macam perekonomian yang ada yang
di Kota Surabaya jika dilihat dari industri!
|
|||
|
Macam-macam
kebudayaan Kabupaten Gresik
|
Mencari
informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan
kesenian) Kabupaten Gresik
|
Aspek kognitif proses
Mennganilisis
tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa,
pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik
|
Non
Tes
|
Pengematan
|
LP
2:
Analisis
tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa,
pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik
|
|||
|
Macam-macam
kebudayaan Kota Surabaya
|
Mencari
informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan
kesenian) Kota Surabaya
|
Aspek kognitif proses
Mennganilisis
tentang macam-macam kebudayaan
(rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya
|
Non
tes
|
Peengamtan
|
LP
2:
Analisis
tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya
|
|||
|
Perilaku berkarakter
Tanggung
jawab, percaya diri, mandiri
|
Non
tes
(diskusi)
|
Lembar
pengamatan perilaku berkarakter
|
LP3:
Format
pengamatan berkarakter tanggung jawab, percaya diri dan mandiri dengan membuat
kelompok dan mendiskusikanlah tentang Kebudayaan yang ada di Kabupaten Gresik
dan Kota Surabaya
|
|||||
|
KETERAMPILAN SOSIAL
Melakukan
kerja sama, menjadi pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat
|
Non
tes
|
Lembar
pengamatan keterampilan sosial dan rubrik asessemen diskusi
|
LP
4:
Presentasikanlahdan
menyimpulkan hasil dari diskusi
tersebut
|
|
|
|||
MEDIA
YANG DI GUNAKAN:
Peta
Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya, dan Kartu-kartu
yang berisi pertanyaan dan kartu jawaban / Make a Match
Cara
menggunakan media:
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
- Setiap siswa mendapat satu buah kartu
- Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
- Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
- Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
- Demikian seterusnya
- Penutup dan kesimpulan
Rancangan Pembuatan
Media
1. Menyediakan
2 kartu yang berisi kartu jawaban dan kartu pertanyaan
2. Membuat
Kartu sejumlah kelompok
Bahan
yang diperlukan
- Kertas
- Gunting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar