Minggu, 02 Juni 2013

SILABUS KELAS 7 KURIKULUM 2013



SILABUS

Satuan Pendidikan      : SMPN
Kelas/Semester            :VII
Mata pelajaran             : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Materi Pokok              :NKRI
Alokasi Waktu            :4x40 Menit
Kompetensi Inti          : Perumusan Dasar Negara, Keanekaragaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam NKRI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Instrumen
4.5 Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang  Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
Aspek kognitif produk
Menjelaskan tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
 TES Tulis
Uraian

LP 1:
Jelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik


4x40 menit
Buku bacaan tentang NKRI

Koran

Buku PKn kelas VII

Artikel
peta

Letak Geografis daerah  tempat tinggalnya Kota Surabaya

Mencari informasi tentang  Letak Geografis daerah tempat tinggalnya Kota Surabaya
Aspek kognitif produk
Menjelaskan tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya Kota Surabaya
Tes Tulis
Uraian
LP 1:
Jelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Kota Surabaya

Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Mencari informasi dari peta tentang batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Aspek kognitif produk
Menyebutkan  batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Tes tulis
uraian
LP 1
Sebutkan batas-batas wilayah Kabupaten Gresik

Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Mencari informasi dari peta tentang batas-batas wilayah  Kota surabaya
Aspek kognitif produk
Menyebutkan  batas-batas wilayah Kota Surabaya
Tes tertulis
Uraian
LP 1
Sebutkan batas-batas wilayah Kota Surabaya

Perekonomian Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang Perekonomian Kabupaten Gresik

Aspek kognitif proses
Menunjukkan perekonomian di Kabupaten Gesik

Tes tertulis
uraian
LP2:
Carilah macam-macam perekonomian yang ada yang di Kabupaten Gresik jika dilihat dari industri!
Perekonomian Kabupaten Kota Surabaya

Mencari informasi tentang perbedaan Perekonomian Kota Surabaya

Aspek kognitif proses
Menunjukkan  perekonomian Kota Surabaya

Tes tertilis
Uraian
LP2:
Carilah macam-macam  perekonomian yang ada yang di Kota Surabaya jika dilihat dari industri!
Macam-macam kebudayaan  Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian)  Kabupaten Gresik

Aspek kognitif proses
Mennganilisis  tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik
Non Tes
Pengematan
LP 2:
Analisis tentang macam-macam  kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik

Macam-macam kebudayaan Kota Surabaya

Mencari informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya


Aspek kognitif proses
Mennganilisis  tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya
Non tes
Peengamtan
LP 2:
Analisis tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya

Perilaku berkarakter
Tanggung jawab, percaya diri, mandiri
Non tes
(diskusi)
Lembar pengamatan perilaku berkarakter
LP3:
Format pengamatan berkarakter tanggung jawab, percaya diri dan mandiri dengan membuat kelompok dan mendiskusikanlah tentang Kebudayaan yang ada di Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya
KETERAMPILAN SOSIAL
Melakukan kerja sama, menjadi pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat

Non tes
Lembar pengamatan keterampilan sosial dan rubrik asessemen diskusi
LP 4:
Presentasikanlahdan menyimpulkan  hasil dari diskusi tersebut



MEDIA YANG DI GUNAKAN:

Peta Kabupaten Gresik  dan Kota Surabaya, dan Kartu-kartu yang berisi pertanyaan dan kartu jawaban / Make a Match
Cara menggunakan media:
  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  7. Demikian seterusnya
  8. Penutup dan kesimpulan
Rancangan Pembuatan Media
1.      Menyediakan 2 kartu yang berisi kartu jawaban dan kartu pertanyaan
2.      Membuat Kartu sejumlah kelompok
Bahan yang diperlukan
  1. Kertas
  2. Gunting





















RPP kelas 7 kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SMPN....
Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :VII/II
Pokok Bahasan           : NKRI
Jumalah Pertemuan     : 2 kali pertemuan (4X 40 Menit)

I.   Kompetensi Inti
Perumusan Dasar Negara, Keanekaragaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam NKRI

II.   Kompetensi Dasar
4.2 Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI

III.   Indikator
A.    Aspek Kognitif
1.      Produk
·         Menjelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
·         Menjelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kota Surabaya
·         Menyebutkan batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
·         Menyebutkan batas-batas wilayah Kota Surabaya
2.      Proses
v  Menunjukkan tentang perekonomian Kabupaten Gresik
v  Menunjukkan tentang perekonomian Kota Surabaya
v  Menganalisis tentang macam-macam  budaya Kabupaten Gresik
v  Menganalisis tentang macam-macam  budaya Kabupaten Gresik

B.     Aspek Afektif
1.      Perilaku Berkarakter: Tanggung Jawab, Mandiri dan Percaya Diri
2.      Keterampilan Sosial: Dapat melakukan kerjasama individu dan kelompok meliputi presentasi, bertanya, mengemukakan pendapat, dan menjadi pendengar yang baik


IV.   Tujuan Pembelajaran
A.    Produk
1.1    Dengan melihat peta, siswa dapat menjelaskan kembali tentang letak geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
1.2    Dengan melihat peta, siswa dapat menjelaskan kembali tentang letak geografis daerah tempat tinggalnya di Kota Surabaya
1.3    Dengan melihat peta, siswa dapat menjelaskan tentang batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
1.4    Dengan melihat peta, siswa dapat menjelaskan tentang batas-batas wilayah Kota Surabaya
B.     Proses
1.5    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan tentang perekonomian di Kabupaten Gresik
1.6    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan tentang  perekonomian di Kota Surabaya
1.7    Dengan diskusi kelompok siswa dapat menganalisis macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik
1.8    Dengan diskusi kelompok siswa dapat menganalisis macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya

C.    Afektif
1.      Peilaku Bekarakter
Telibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan tanggung jawab, mandiri dan percaya diri yaitu:
1.9    Secara berkelompok siswa dapat mandiri, percaya diri dan tanggung jawab dalam menganalisis tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya
2.      Keterampilan Sosial
1.10        Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan kerja sama, menjadi pendengar yang baik, bertanya,berpendapat dalam pelaksanaan diskusi



V.   Meteri Pembelajaran
1.      Letak geografis Kabupaten Gresik
2.      Letak geografis Kota  Surabaya
3.      Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya
4.      Batas-batas wilayah Kabupaten Kota Surabaya
5.      Perekonomian yang ada yang di Kabupaten Gresik
6.      Perekonomian yang ada yang di Kota Surabaya
7.      Macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata dan kesenian) Kabupaten Gresik
8.      Macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata dan kesenian) Kota Surabaya

VI.   Metode dan Model Pembelajaran
·         Metode :Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelas dan presentasi
·         Model pembelajaran: Mengguanakn model pembelajaran Make a Match

VII.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan awal ± 10 menit
Fase
Kegiatan pembelajaran
Fase  1
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
·    Guru memotivasi siswa dengan cara memberikan permainan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran
·    Guru melakukan apersepsi dengan mengingat kembali pelajaran sebelumnya
·    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti ± 60 menit
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan
·    Siswa menyimak penjelasan guru tentang  letak geografis, batas-batas wilayah, dan perekonomian yang akan dicapai melalui kegiatan  pembelajaran

Fase 3
Membimbing Pelatihan




·    Berdasarkan penjelasan tersebut siswa mencermati penjelasan guru. Guru menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan langkah-langkah berikut ini :
  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  7. Demikian seterusnya
  8. Penutup dan kesimpulan

Fase 4
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·    Setelah selesai sampai akhir sesion. Guru meminta setiap siswa untuk menyajikan hasil kerja secara singkat dan bertanggung jawab.
·    Bersama-sama siswa, guru melakukan evaluasi dalam kegiatan tersebut
Kegiatan akhir ± 10 menit
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatiha lanjut dan penerapan
·    Guru memberi penegasan  atas hasil pembelajaran pada hari ini
·    Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
·    Guru menutup kegiatan pembelajarn dengan do’a dan salam


Pertemuan ke 2

Kegiatan awal ± 10 menit
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang macam-macam kebudayaan dan melakukan apersepsi dengan mengingat kembali pelajaran sebelumnya dan melanjutkan pertemuan pertama
2.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi sebelumnya untuk penguatan
Kegiatan inti ± 60 menit
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam kebudayaan di Kabupaten Gresik dan macam-macam kebudayaan di Kota Surabaya
2.      Guru membimbing siswa secara  berkelompok untuk berdiskusi dengan mengerjakan lembar diskusi kelompok yaitu LKS 2 “macam-macam kebudayaan Kabupaten Gresik dan macam-macam kebudayaan Kota Surabaya
3.      Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusiakn soal-soal yang ada dalam bahan bacaan di LKS 2 dan Kegiatan 2. Saat kegaiatan inti ini guru melakukan penilaian secara individu dan kelompok
Kegiatan Akhir ± 10 menit
1.      Guru memberi penegasan atas hasil diskusi siswa dan memberikan evaluasi
2.      Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam


VIII.   Media Pembelajaran
·         Kertas yang berisi kartu pertanyaan dan kartu jawaban


IX.   Penilaian Hasil belajar
  1. Tabel spesifikasi Lembar Penilaian
  2. LP 1: Produk
  3. Kunci LP 1: Produk
  4. LP 2 : Proses
  5. Kunci LP  2
  6. LP 3: pengamatan Perilaku Berkarakter
  7. LP 4 : Pengamatan keterampilan Sosial

X.   Sumber Belajar
  1. Silabus
  2. Bahan Bacaan Siswa: NKRI
  3. Peta
  4. LKS : kegiatan 1
  5. LKS : Kegaiatan 2
  6. Buku paket PPKn


Surabaya, 4 April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Pelajaran PPKn


(............................)                                                      ( SANI WINANTI, S.Pd  )















  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...