Jumat, 28 Mei 2021

INSTRUMEN IDENTIFIKASI CERDAS ISTIMEWA PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI  CERDAS ISTIMEWA

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI  CERDAS ISTIMEWA

CERDAS ISTIMEWA

Membaca pada usia kurang dari 6 tahun,

 

Membaca lebih cepat dan lebih banyak,

 

Memiliki perbendaharaan kata yang luas,

 

Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat

 

Mempunyai minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa

 

Mempunyai inisitif dan dapat bekerja sendiri,

 

Menunjukkan kesalahan (orisinalitas) dalam ungkapan verbal

 

Memberi jawaban, jawaban yang baik

 

Dapat memberikan banyak gagasan,

 

Luwes dalam berpikir

 

Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan

 

Mempunyai pengamatan yang tajam

 

Dapat Berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang terutama dalam tugas atau bidang yang minati

 

Berpikir kritis juga terhadap diri sendiri

 

Senang mencoba hal-hal baru

 

Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi dan sintetis yang tinggi

 

Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah-masalah

 

Cepat menangkap hubungan sebab akibat

 

Berprilaku terarah terhadap tujuan

 

Mempunyai daya imajinasi yang kuat

 

Mempunyai banyak kegemaran/hobi

 

mempunyai daya ingat yang kuat

 

Tidak cepat puas dengan prestasinya

 

Peka (sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi),

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan  CERDAS ISTIMEWA di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI LAMBAN BELAJAR/SLOW LEARNER PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI LAMBAN BELAJAR/SLOW LEARNER

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI LAMBAN BELAJAR/SLOW LEARNER

INTELEKTUAL KATEGORI LAMBAN BELAJAR/SLOW LEARNER

Pernah tidak naik kelas

 

Daya tangkap terhadap pelajaran lambat

 

Sering lambat dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik

 

Rata-rata prestasi belajar selalu rendah

 

Bisa membaca huruf gagal membaca kata

 

Memahami perintah  setelah diulang-ulang

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan INTELEKTUAL KATEGORI LAMBAN BELAJAR/SLOW LEARNER di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

Tangan dan kaki sering tidak bisa diam

 

Sering meninggalkan tempat duduk

 

Sering berlari atau memanjat berlebihan dalam situasi yang tidak sesuai

 

Sering kesulitan bermain dengan tenang

 

Sering dalam keadaan "siap bergerak"

 

Sering bicara berlebihan

 

Sering melontarkan jawaban sebelum pertanyaan selesai ditanyakan

 

Sering sulit menunggu antrian

 

Sering menyela atau memaksakan diri terhadap orang lain

 

Sering membuat kesalahan pada hal kecil (ceroboh)

 

Sering sulit mempertahankan perhatian

 

Sering seperti tidak mendengarkan saat diajak bicara langsung

 

Sering gagal menyelesaikan pekerjaan

 

Sering sulit mengatur tugas dan kegiatan

 

Sering enggan terlibat dalam tugas yang memerlukan ketekunan

 

Sering menghilangkan benda yang diperlukan untuk melakukan tugas

 

Sering mudah teralih perhatian oleh rangsangan dari luar

 

Sering lupa dalam kegiatan sehari-hari

 

Tangan dan kaki sering tidak bisa diam

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI EMOSI KATEGORI TUNALARAS PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI EMOSI KATEGORI TUNALARAS

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN EMOSI KATEGORI TUNALARAS

EMOSI KATEGORI TUNALARAS

Sering berbuat asusila

 

Sering berkelahi

 

Sering membolos

 

Sering bicara cabul

 

Sering mencuri

 

Kecanduan minuman keras/narkoba/zat adiktif lainnya

 

Mudah terpancing emosinya/emosional/mudah marah

 

Sering melakukan tindakan agresif, merusak, mengganggu

 

Sering bertindak melanggar norma sosial/norma susila/hukum

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan EMOSI KATEGORI TUNALARAS di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI FISIK MOTORIK PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI FISIK MOTORIK

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN FISIK MOTORIK

FISIK MOTORIK

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Anggota gerak tubuh kaku/lemah/lumpuh

 

Terdapat bagian anggota gerak yang berbeda dari biasa (lebih kecil/besar/panjang/pendek)

 

Terdapat anggota tubuh yang tremor/ bergerak-gerak terus menerus tidak terkendali

 

Gangguan koordinasi gerak

 

Kehilangan/ketidaksempuran sebagian anggota tubuh

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan FISIK MOTORIKdi bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Mengalami kelambatan dalam segala hal kalau dibandingkan dengan anak-anak normal usia sebaya, baik di tinjau dari psikis, sosial, dan kemampuan fisik

 

Tidak dapat konsentrasi terlalu lama (lekas bosan)

 

Daya abstraksi sangat kurang

 

Perbendaharaan kata sangat terbatas

 

Perilakunya kurang luwes/fleksibel

 

Pikiran, ingatan, kemauan, dan sifat-sifat mental lainnya sedemikian terbelakang kalau dibandingkan dengan anak normal sebaya

 

Jari kaki dan tangan pendek tebal

 

Alis tumbuh mengikuti garis ke atas keluar (Epicantus)

 

Mulut membuka

 

Mulut berair liur

 

Suara datar

 

Bibir tebal

 

Mata sipit

 

Kepala bagian belakang pipih

 

Rambut tegak kaku kasar

 

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA di bawah ini:

 

 

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...