INSTRUMEN IDENTIFIKASI
CERDAS ISTIMEWA
Nama :
Tempat tanggal
lahir :
Jenis kelamin :
Nama sekolah :
Kelas :
Alamat rumah :
Ala,at
sekolah :
Tanggal :
Nama asesor :
Ttd :
Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika
tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/
diperoleh
|
KATEGORI |
IDENTIFIKASI CERDAS ISTIMEWA |
|
CERDAS ISTIMEWA |
Membaca pada usia kurang dari 6
tahun, |
|
|
Membaca
lebih cepat dan lebih banyak, |
|
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang luas, |
|
|
Mempunyai
rasa ingin tahu yang kuat |
|
|
Mempunyai
minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa |
|
|
Mempunyai
inisitif dan dapat bekerja sendiri, |
|
|
Menunjukkan
kesalahan (orisinalitas) dalam ungkapan verbal |
|
|
Memberi
jawaban, jawaban yang baik |
|
|
Dapat
memberikan banyak gagasan, |
|
|
Luwes
dalam berpikir |
|
|
Terbuka
terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan |
|
|
Mempunyai
pengamatan yang tajam |
|
|
Dapat
Berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang terutama dalam tugas atau
bidang yang minati |
|
|
Berpikir
kritis juga terhadap diri sendiri |
|
|
Senang
mencoba hal-hal baru |
|
|
Mempunyai
daya abstraksi, konseptualisasi dan sintetis yang tinggi |
|
|
Senang
terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah-masalah |
|
|
Cepat
menangkap hubungan sebab akibat |
|
|
Berprilaku
terarah terhadap tujuan |
|
|
Mempunyai
daya imajinasi yang kuat |
|
|
Mempunyai
banyak kegemaran/hobi |
|
|
mempunyai
daya ingat yang kuat |
|
|
Tidak
cepat puas dengan prestasinya |
|
|
Peka
(sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi), |
Tuliskan
temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan CERDAS ISTIMEWA di bawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar