Jumat, 28 Mei 2021

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENDENGARAN PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENDENGARAN

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PENDENGARAN

PENDENGARAN

Tidak memahami perintah (bicara sangat keras/ teriak) dalam jarak 1 m

 

Ucapan kata tidak jelas dan sulit dipahami

 

Tidak memahami perintah dalam jarak lebih 1 m

 

Sering memiringkan kepala dalam usaha mendengar 

 

Banyak perhatian terhadap getaran

 

Tidak ada reaksi terhadap bunyi di dekatnya  lebih 1 meter 

 

Terlambat dalam perkembangan bahasa

 

Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi

 

Kurang atau tidak tanggap bila diajak bicara

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan Pendengaran di bawah ini:

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENGLIHATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENGLIHATAN

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PENGLIHATAN

Pnghilatan

Tidak dapat  melihat tetapi dapat   membedakan sumber  cahaya

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat  memahami  bayangan benda

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat membedakan benda bergerak

 

Hanya dapat membedakan gelap dan terang

 

Tidak dapat membedakan gelap dan terang

 

Kurang melihat (Kabur) tidak mampu menghitung jari asesor dalam jarak 1 m

 

Kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya

 

Tidak dapat menulis mengikuti garis lurus

 

Sering meraba dan tersandung waktu berjalan

 

Bagian bola mata yang hitam bewarna keruh/ bersisik/kering

 

Mata bergoyang terus (nistagmus)

 

Peradangan hebat pada kedua bola mata

 

Penglihatan periperal (melihat tepi), yang ditandai dengan kemampuan  melihat bagian samping tetapi tidak mampu melihat bagian tengah (fokus)

 

Penglihatan teropong, yang ditandai dengan kemampuan melihat seperti orang menggunakan teropong/ sempit

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat   membedakan sumber  cahaya

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat  memahami  bayangan benda

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat membedakan benda bergerak

 

Hanya dapat membedakan gelap dan terang

 

Tidak dapat membedakan gelap dan terang

 

Kurang melihat (Kabur) tidak mampu menghitung jari asesor dalam jarak 1 m

 

Kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan Penglihatan di bawah ini:

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI AUTISM PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI AUTISME

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh


KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN KOMUNIKASI, INTERAKSI, DAN PERILAKU (AUTISM)

AUTIS

Tidak mau kontrak mata, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik kurang tertuju

 

Tak dapat bermain dengan teman sebaya

 

Tak ada empati

 

Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik.

 

Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tidak berkembang Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara nonverbal.

 

Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.

 

Cara bermain yang kurang variatif, kurang imajinatif, dan kuarng dapat meniru.

 

Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan.

 

Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualitastic atau rutinityas yang tak ada gunanya.

 

Ada gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang.

 

Sering kali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.

 

Tidak suka dipeluk

 

Suka berjalan dengan “jinjit"

 

Tidak mau kontrak mata, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik kurang tertuju

 

Tak dapat bermain dengan teman sebaya

 

Tak ada empati

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan komunikasi, interaksi, dan perilaku (autism) di bawah ini:




Kamis, 27 Mei 2021

KARTU SOAL PILIHAN GANDA MATERI Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara.

 

KARTU SOAL PILIHAN GANDA

 

NAMA SEKOLAH      :  SMP NEGERI 10 MOROTAI SEMESTER                 :  GANJIL

MATA PELAJARAN   :  PPKn                                     UNTUK TES                :  UH1

KELAS                        :  VII                                        NAMA GURU             :  Sani winanti, S.Pd

                                                                                    TAHUN PELAJARAN : 

KOMPETENSI INTI:

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghargai dan perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaanya.

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.       Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

1

 

 

D

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

 

1.              Jepang menyerah pada belanda pada tanggal ....

a.       12 maret 1942

b.      10 maret 1942

c.       9 maret 1942

d.      8 maret 1942

 

 

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

2

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

 

2.              Berikut ini yang bukan merupakan 3 semboyan jepang adalah ...

a.       Jepang Pemisah Asia

b.      Jepang Pelindung Asia

c.       Jepang Cahaya Asia

d.      Jepang Pemimpin Asia

 

 

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

3

 

 

B

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

3.              Bahasa Jepangnya BPUPKI adalah ....

a.       Zyunbi Dokuritsu Tyoosakai

b.      Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai

c.       Dokuritsu Tyoosakai Zyunbi

d.      Zyunbi Tyoosakai Dokuritzu

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskansejarah BPUPKI

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

4

 

 

B

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

4.              Jumlah anggota BPUPKI adalah ....

a.       61 anggota Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang

b.      62 oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang

c.       63 oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang

d.      64 oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan sejarah BPUPKI

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

5

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

5.              Nama  ketua BPUPKI adalah ....

a.       Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat

b.      Ir. Soekarno

c.       R.P Soeroso

d.      Moh. Hatta

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan sejarah BPUPKI

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

6

 

 

D

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

 

6.              Nama wakil ketua BPUPKI dari Jepang adalah

a.       Koiso

b.      Zyunby

c.       R.P Soeroso

d.      Ichibangase Yosio

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan sejarah BPUPKI

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

7

 

 

D

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

7.              BPUPKI mengadakan  2 kali sidang yaitu sidang rsmi dan sidang tidak resmi. Sdiang tidak resmi dihadiri oleh .... orang

a.       35 orang

b.      36 orang

c.       37 orang

d.      38 orang

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan sejarah BPUPKI

 

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

8

 

 

C

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

8.              Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ...

a.       27 mei – 1 juni 1945

b.      28 mei – 2 juni 1945

c.       29 mei – 1 juni 1945

d.      29 mei – 2 juni 1945

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

9

 

 

D

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

9.              Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal....

a.       10-17 Juli 1945

b.      11-17 Juli 1945

c.       12-17 Juli 1945

d.      13-17 Juli 1945

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

10

 

 

C

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

10.          Hasil sidang BPUPKI yang pertama adalah....

a.       Rancangan Undang-Undang Dasar

b.      Nasionalisme

c.       Patriotisme

d.      Dasar Negara

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

11

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

11.          Hasil sidang BPUPKI yang kedua adalah....

a.       Rancangan Undang-Undang Dasar

b.      Nasionalisme

c.       Dasar Negara

d.      Patriotisme

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

4.1              Menyaji hasil analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

12

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

12.          Tiga pendiri Dasar Negara adalah....

a.       Muhammad Yamin,Mr.Soepomo,Ir.Soekarno

b.      Muhammad Yamin,Mr Soepomo,Soeharto

c.       Muhammad Yamin,Mr.Soepomo,Ir.Soekarno

d.      Mr Soepomo.Ir Soekarno,Agus salim

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan perumusan dasar negara

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

4.1  Menyaji hasil analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

13

 

 

C

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

13.          Dasar Negara menurut Muhammad Yamin....

a.       Ketuhanan yang maha ssa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuaan         Indonesia, kerakyataan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, keadilaan sosial bagi seliruh rakyat Indonesia

b.      Kebangsaan Indonesia, internasionalisme, mufakat atau demokrasi,  kesejahteraan sosial, ketuhanan yang berkebudayaan

c.       Peri Kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, kesejahteran sosial

d.      Persatuan, ketuhanan yang maha esa, kebangsaan persatuan Indonesia, musyawarah, ketuhanan yang berkebudayaan

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan perumusan dasar negara

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

4.1  Menyaji hasil analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

.

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

14

 

 

B

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

14.          Yang merupakan nama-nama Panitia kecil adalah....

a.       Ir.Soekarno.Moh hatta,Mr.Prof Yamin, A.A Maramis,Yusuf kalla,B.J Habibi,Agus salim,wachid Hasyim, Ahmad Soebardjo

b.      Ir.Soekarno,Mr.Prof. Moh. Yamin,Drs.Moh. Hatta,Mr.A.A Maramis,Raden Abikusno Tjokrosoejoso,Abdoel Kahar Muzakir,.Agus Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad a Soebardjo

c.       Ir.Soekarno,Moh Yamin,Moh Hatta,Soeharto,Raden Abikusno,  Abdoel Kahar Muzakir,H.Agus Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad Soebardjo

d.      Ir.Soekarno,Mr.Prof. Moh. Yamin,Drs.Moh. Hatta,Mr.A.A Maramis,Raden Abikusno Tjokrosoejoso,Soeharto, Agus Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad Soebardjo

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan perumusan dasar negara

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

4.1  Menyaji hasil analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

15

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

15.           BPUPKI dibubarkan pada tanggal...

a.       7 Agustus 1945

b.      1 Agustus 1945

c.       18 Agustus 1945

d.      20 Agustus 1945.

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan latar belakang perumusan BPUPKI

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

4.1  Menyaji hasil analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

16

 

 

B

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

16.          Mencintai tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air disebut dengan ....

a.       Jiwa solidaritas

b.      Pro Patria

c.       Jiwa toleransi

d.      Jiwa tanpa pamrih

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menjelaskan Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan PANCASILA

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan.

 

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

17

 

 

C

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

17.          Peraturan yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia disebut dengan....

a.       Norma Agama

b.      Norma kesopanan

c.       Norma Kesusilaan

d.      Norma hukum

INDIKATOR SOAL

·      Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan.

 

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

BUKU SUMBER

 

 

 

18

 

 

D

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

18.          Norma Kesopanan adalah...

a.       Peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati manusia

b.      Sekumpulan kaidah atau peraturan hidup yang bersumber dari wahyu Tuhan

c.       Suatu aturan yang bersifat memaksa dan mengikat untuk mengatur kehidupan masyarakat

d.      Norma yang berhubungan denagan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR SOAL

·      Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat

 

 

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.2  Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan.

 

NO

SOAL

KUNCI

JAWABAN

 

BUKU SUMBER

 

 

 

19

 

 

C

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

19.          Sanksi berupa denda atau penjara disebut dengan....

a.       Norma agama

b.      Norma kesopanan

c.       Norma hukum

d.      Norma kesusilaan

INDIKATOR SOAL

·      Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat

 

 

 

KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR

3.2  Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan.

 

 

NO

SOAL

 

KUNCI

JAWABAN

 

 

BUKU SUMBER

 

 

 

20

 

 

A

Tim Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004

 

PERTANYAAN

20.          Manusia pada dasarnya selalu membutuhkan orang lain disebut dengan....

a.       Makhluk Sosial

b.      Zoonpoliticon

c.       Norma

d.      Adat-istiadat

INDIKATOR SOAL

·      Siswa dapat menjelaskan Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

 

 

 

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...