Jumat, 28 Mei 2021

INSTRUMEN IDENTIFIKASI AUTISM PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI AUTISME

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh


KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN KOMUNIKASI, INTERAKSI, DAN PERILAKU (AUTISM)

AUTIS

Tidak mau kontrak mata, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik kurang tertuju

 

Tak dapat bermain dengan teman sebaya

 

Tak ada empati

 

Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik.

 

Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tidak berkembang Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara nonverbal.

 

Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.

 

Cara bermain yang kurang variatif, kurang imajinatif, dan kuarng dapat meniru.

 

Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan.

 

Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualitastic atau rutinityas yang tak ada gunanya.

 

Ada gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang.

 

Sering kali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.

 

Tidak suka dipeluk

 

Suka berjalan dengan “jinjit"

 

Tidak mau kontrak mata, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik kurang tertuju

 

Tak dapat bermain dengan teman sebaya

 

Tak ada empati

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan komunikasi, interaksi, dan perilaku (autism) di bawah ini:




Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...