KARTU SOAL PILIHAN GANDA
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 10 MOROTAI SEMESTER : GANJIL
MATA PELAJARAN : PPKn UNTUK TES : UH1
KELAS : VII NAMA GURU : Sani winanti, S.Pd
TAHUN
PELAJARAN :
KOMPETENSI INTI:
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
1 |
D |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 1.
Jepang menyerah pada belanda pada tanggal .... a.
12 maret 1942 b.
10 maret 1942 c.
9 maret 1942 d.
8 maret 1942 |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1 Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
2 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 2.
Berikut ini yang bukan merupakan 3
semboyan jepang adalah ... a. Jepang
Pemisah Asia b. Jepang
Pelindung Asia c. Jepang
Cahaya Asia d. Jepang
Pemimpin Asia |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
3 |
B |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 3.
Bahasa Jepangnya BPUPKI adalah .... a. Zyunbi
Dokuritsu Tyoosakai b. Dokuritsu
Zyunbi Tyoosakai c. Dokuritsu
Tyoosakai Zyunbi d. Zyunbi
Tyoosakai Dokuritzu |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskansejarah BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
4 |
B |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 4.
Jumlah anggota BPUPKI adalah .... a. 61
anggota Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang b. 62
oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang c. 63
oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang d. 64
oarang Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan sejarah BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
5 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 5.
Nama
ketua BPUPKI adalah .... a. Dr.
K.R.T Radjiman Wedyodiningrat b. Ir.
Soekarno c. R.P Soeroso d. Moh.
Hatta |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan sejarah BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
6 |
D |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 6.
Nama wakil ketua BPUPKI dari Jepang
adalah a. Koiso b. Zyunby c. R.P
Soeroso d. Ichibangase
Yosio |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan sejarah BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
7 |
D |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 7.
BPUPKI mengadakan 2 kali sidang yaitu sidang rsmi dan sidang
tidak resmi. Sdiang tidak resmi dihadiri oleh .... orang a. 35 orang b. 36 orang
c. 37 orang
d. 38 orang
|
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan sejarah BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
8 |
C |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 8.
Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada
tanggal ... a.
27 mei – 1 juni 1945 b.
28 mei – 2 juni 1945 c.
29 mei – 1 juni 1945 d.
29 mei – 2 juni 1945 |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
9 |
D |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 9.
Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada
tanggal.... a.
10-17 Juli 1945 b.
11-17 Juli 1945 c.
12-17 Juli 1945 d.
13-17 Juli 1945 |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
10 |
C |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 10.
Hasil sidang BPUPKI yang pertama
adalah.... a.
Rancangan Undang-Undang Dasar b.
Nasionalisme c.
Patriotisme d.
Dasar Negara |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.1
Menganalisa proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
11 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 11.
Hasil sidang BPUPKI yang kedua
adalah.... a.
Rancangan Undang-Undang Dasar b.
Nasionalisme c.
Dasar Negara d.
Patriotisme |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan pancasila |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 4.1
Menyaji hasil
analisis proses perumusan dari penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
12 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 12.
Tiga pendiri Dasar Negara adalah.... a.
Muhammad Yamin,Mr.Soepomo,Ir.Soekarno b.
Muhammad Yamin,Mr Soepomo,Soeharto c.
Muhammad Yamin,Mr.Soepomo,Ir.Soekarno d.
Mr Soepomo.Ir Soekarno,Agus salim |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan perumusan dasar negara |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dari
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
13 |
C |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 13.
Dasar Negara menurut Muhammad Yamin.... a.
Ketuhanan yang maha ssa, kemanusiaan
yang adil dan beradab, persatuaan
Indonesia, kerakyataan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan perwakilan, keadilaan sosial bagi seliruh rakyat Indonesia b.
Kebangsaan Indonesia, internasionalisme,
mufakat atau demokrasi, kesejahteraan
sosial, ketuhanan yang berkebudayaan c.
Peri Kebangsaan, peri kemanusiaan, peri
ketuhanan, peri kerakyatan, kesejahteran sosial d.
Persatuan, ketuhanan yang maha esa,
kebangsaan persatuan Indonesia, musyawarah, ketuhanan yang berkebudayaan |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan perumusan dasar negara |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dari
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. . |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
14 |
B |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 14.
Yang merupakan nama-nama Panitia kecil
adalah.... a.
Ir.Soekarno.Moh hatta,Mr.Prof Yamin, A.A
Maramis,Yusuf kalla,B.J Habibi,Agus salim,wachid Hasyim, Ahmad Soebardjo b.
Ir.Soekarno,Mr.Prof. Moh. Yamin,Drs.Moh.
Hatta,Mr.A.A Maramis,Raden Abikusno Tjokrosoejoso,Abdoel Kahar Muzakir,.Agus
Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad a Soebardjo c.
Ir.Soekarno,Moh Yamin,Moh
Hatta,Soeharto,Raden Abikusno, Abdoel
Kahar Muzakir,H.Agus Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad Soebardjo d.
Ir.Soekarno,Mr.Prof. Moh. Yamin,Drs.Moh.
Hatta,Mr.A.A Maramis,Raden Abikusno Tjokrosoejoso,Soeharto, Agus
Salim,KH.Wachid Hasjim,Mr.Ahmad Soebardjo |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan perumusan dasar negara |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dari
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
15 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 15.
BPUPKI dibubarkan pada tanggal... a.
7 Agustus 1945 b.
1 Agustus 1945 c.
18 Agustus 1945 d.
20 Agustus 1945. |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan latar belakang perumusan BPUPKI |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dari
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
16 |
B |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 16.
Mencintai tanah air dan mendahulukan
kepentingan tanah air disebut dengan .... a.
Jiwa solidaritas b.
Pro Patria c.
Jiwa toleransi d.
Jiwa tanpa pamrih |
||||
|
INDIKATOR SOAL Siswa
dapat menjelaskan Nilai semangat dan komitmen
para pendiri negara dalam perumusan PANCASILA |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk
mewujudkan keadilan. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
17 |
C |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 17.
Peraturan yang berkenaan dengan bisikan
kalbu dan suara hati nurani manusia disebut dengan.... a.
Norma Agama b.
Norma kesopanan c.
Norma Kesusilaan d.
Norma hukum |
||||
|
INDIKATOR SOAL ·
Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk
mewujudkan keadilan. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
18 |
D |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 18.
Norma Kesopanan adalah... a.
Peraturan hidup yang berkenaan dengan
bisikan kalbu dan suara hati manusia b.
Sekumpulan kaidah atau peraturan hidup
yang bersumber dari wahyu Tuhan c.
Suatu aturan yang bersifat memaksa dan
mengikat untuk mengatur kehidupan masyarakat d.
Norma yang berhubungan denagan pergaulan
manusia dalam kehidupan sehari-hari |
||||
|
INDIKATOR SOAL ·
Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.2 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
19 |
C |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 19.
Sanksi berupa denda atau penjara disebut
dengan.... a.
Norma agama b.
Norma kesopanan c.
Norma hukum d.
Norma kesusilaan |
||||
|
INDIKATOR SOAL ·
Siswa dapat menjelaskan Norma yang berlaku dalam masyarakat |
|
|||
|
KOMPETENSI DASAR/ HASIL BELAJAR/ INDIKATOR 3.2 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan masyarakat untuk mewujudkan keadilan. |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
BUKU SUMBER |
|
|
20 |
A |
Tim
Abdi Guru. Kewarganegaraan, untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004 |
|
|
|
PERTANYAAN 20.
Manusia pada dasarnya selalu membutuhkan
orang lain disebut dengan.... a.
Makhluk Sosial b.
Zoonpoliticon c.
Norma d.
Adat-istiadat |
||||
|
INDIKATOR SOAL ·
Siswa dapat menjelaskan Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar