Jumat, 28 Mei 2021

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD

Tangan dan kaki sering tidak bisa diam

 

Sering meninggalkan tempat duduk

 

Sering berlari atau memanjat berlebihan dalam situasi yang tidak sesuai

 

Sering kesulitan bermain dengan tenang

 

Sering dalam keadaan "siap bergerak"

 

Sering bicara berlebihan

 

Sering melontarkan jawaban sebelum pertanyaan selesai ditanyakan

 

Sering sulit menunggu antrian

 

Sering menyela atau memaksakan diri terhadap orang lain

 

Sering membuat kesalahan pada hal kecil (ceroboh)

 

Sering sulit mempertahankan perhatian

 

Sering seperti tidak mendengarkan saat diajak bicara langsung

 

Sering gagal menyelesaikan pekerjaan

 

Sering sulit mengatur tugas dan kegiatan

 

Sering enggan terlibat dalam tugas yang memerlukan ketekunan

 

Sering menghilangkan benda yang diperlukan untuk melakukan tugas

 

Sering mudah teralih perhatian oleh rangsangan dari luar

 

Sering lupa dalam kegiatan sehari-hari

 

Tangan dan kaki sering tidak bisa diam

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)/ADHD di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI EMOSI KATEGORI TUNALARAS PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI EMOSI KATEGORI TUNALARAS

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN EMOSI KATEGORI TUNALARAS

EMOSI KATEGORI TUNALARAS

Sering berbuat asusila

 

Sering berkelahi

 

Sering membolos

 

Sering bicara cabul

 

Sering mencuri

 

Kecanduan minuman keras/narkoba/zat adiktif lainnya

 

Mudah terpancing emosinya/emosional/mudah marah

 

Sering melakukan tindakan agresif, merusak, mengganggu

 

Sering bertindak melanggar norma sosial/norma susila/hukum

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan EMOSI KATEGORI TUNALARAS di bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI FISIK MOTORIK PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI FISIK MOTORIK

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN FISIK MOTORIK

FISIK MOTORIK

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Anggota gerak tubuh kaku/lemah/lumpuh

 

Terdapat bagian anggota gerak yang berbeda dari biasa (lebih kecil/besar/panjang/pendek)

 

Terdapat anggota tubuh yang tremor/ bergerak-gerak terus menerus tidak terkendali

 

Gangguan koordinasi gerak

 

Kehilangan/ketidaksempuran sebagian anggota tubuh

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan FISIK MOTORIKdi bawah ini:

 

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Mengalami kelambatan dalam segala hal kalau dibandingkan dengan anak-anak normal usia sebaya, baik di tinjau dari psikis, sosial, dan kemampuan fisik

 

Tidak dapat konsentrasi terlalu lama (lekas bosan)

 

Daya abstraksi sangat kurang

 

Perbendaharaan kata sangat terbatas

 

Perilakunya kurang luwes/fleksibel

 

Pikiran, ingatan, kemauan, dan sifat-sifat mental lainnya sedemikian terbelakang kalau dibandingkan dengan anak normal sebaya

 

Jari kaki dan tangan pendek tebal

 

Alis tumbuh mengikuti garis ke atas keluar (Epicantus)

 

Mulut membuka

 

Mulut berair liur

 

Suara datar

 

Bibir tebal

 

Mata sipit

 

Kepala bagian belakang pipih

 

Rambut tegak kaku kasar

 

Tingkat kecerdasan jauh di bawah normal

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan INTELEKTUAL KATEGORI TUNAGRAHITA di bawah ini:

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENDENGARAN PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENDENGARAN

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PENDENGARAN

PENDENGARAN

Tidak memahami perintah (bicara sangat keras/ teriak) dalam jarak 1 m

 

Ucapan kata tidak jelas dan sulit dipahami

 

Tidak memahami perintah dalam jarak lebih 1 m

 

Sering memiringkan kepala dalam usaha mendengar 

 

Banyak perhatian terhadap getaran

 

Tidak ada reaksi terhadap bunyi di dekatnya  lebih 1 meter 

 

Terlambat dalam perkembangan bahasa

 

Sering menggunakan isyarat dalam berkomunikasi

 

Kurang atau tidak tanggap bila diajak bicara

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan Pendengaran di bawah ini:

 

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENGLIHATAN PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

INSTRUMEN IDENTIFIKASI PENGLIHATAN

 

Nama                                    :

Tempat tanggal lahir       :

Jenis kelamin                     :

Nama sekolah                   :

Kelas                                     :

Alamat rumah                   :

Ala,at sekolah                    :

Tanggal                                 :

Nama asesor                      :

Ttd                                         :

 

Ketik angka 1 jika ya dan angka 0 jika tidak pada kolom warna kuning pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh

KATEGORI

IDENTIFIKASI HAMBATAN PENGLIHATAN

Pnghilatan

Tidak dapat  melihat tetapi dapat   membedakan sumber  cahaya

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat  memahami  bayangan benda

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat membedakan benda bergerak

 

Hanya dapat membedakan gelap dan terang

 

Tidak dapat membedakan gelap dan terang

 

Kurang melihat (Kabur) tidak mampu menghitung jari asesor dalam jarak 1 m

 

Kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya

 

Tidak dapat menulis mengikuti garis lurus

 

Sering meraba dan tersandung waktu berjalan

 

Bagian bola mata yang hitam bewarna keruh/ bersisik/kering

 

Mata bergoyang terus (nistagmus)

 

Peradangan hebat pada kedua bola mata

 

Penglihatan periperal (melihat tepi), yang ditandai dengan kemampuan  melihat bagian samping tetapi tidak mampu melihat bagian tengah (fokus)

 

Penglihatan teropong, yang ditandai dengan kemampuan melihat seperti orang menggunakan teropong/ sempit

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat   membedakan sumber  cahaya

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat  memahami  bayangan benda

 

Tidak dapat  melihat tetapi dapat membedakan benda bergerak

 

Hanya dapat membedakan gelap dan terang

 

Tidak dapat membedakan gelap dan terang

 

Kurang melihat (Kabur) tidak mampu menghitung jari asesor dalam jarak 1 m

 

Kesulitan mengambil benda kecil di dekatnya

 

Tuliskan temuan lain (jika ada) tentang kondisi anak yang berhubungan dengan hambatan Penglihatan di bawah ini:

 

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...