Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 7 BAB 5 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020


Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VII/2
Materi Pokok              : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi                  : Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
·         Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
·         Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
       Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
       Pembiasaan membaca(LITERASI)

       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan dengan cara
·         Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
·         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
·         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan  Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
2.         Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C  PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

      Penilaian Pengetahuan: Tes

      Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VII/2
Materi Pokok              : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi                 : Pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
·         Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
·         Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.        Kegiatan Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Pembiasaan membaca (LITERASI)
·         Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.        Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Kerjasama dalam bidang sosial politik, ekonomi, pertahanan dan kemananan serta kerjasama sesama umat beragama. Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Kerjasama dalam bidang sosial politik, ekonomi, pertahanan dan kemananan serta kerjasama sesama umat beragama untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Saling tukar informasi tentang : Kerjasama dalam bidang sosial politik, ekonomi, pertahanan dan kemananan serta kerjasama sesama umat beragamadengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Kerjasama dalam bidang sosial politik, ekonomi, pertahanan dan kemananan serta kerjasama sesama umat beragama
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.        Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

·         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.      PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

      Penilaian Pengetahuan: Tes

      Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VII/2
Materi Pokok              : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi                  : Kerjasama dalam bidang sosial politik.
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
·         Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
·         Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Pembiasaan membaca(LITERASI)
·         Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Membahas arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
  • Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Membahas arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupanuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Mengamati dan memahami artikel tentang Membahas arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan dengan sungguh-sungguh
  • Saling tukar informasi tentang  : artikel  Membahas arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupandengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

·         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.      PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

      Penilaian Pengetahuan: Tes

      Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VII/2
Materi Pokok              : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi                  : Kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
Pertemuan ke              : 4
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
·         Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
·         Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Pembiasaan membaca (LITERASI)
·         Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan
  • Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  : Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

·         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

      Penilaian Pengetahuan: Tes

      Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VII/2
Materi Pokok              : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi                  : Pentingnya kerjasama antar umat beragama
Pertemuan ke              : 5
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
·         Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·         Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
·         Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Pembiasaan membaca (LITERASI)
·         Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  Mewujudkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
  • Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Mewujudkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Saling tukar informasi tentangMewujudkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Mewujudkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

·         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

      Penilaian Pengetahuan: Tes

      Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003



Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...