Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran :
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi :
Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai
bidang kehidupan
Pertemuan ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan.
·
Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
Negara.
·
Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat
beragama.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
·
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Kerjasama dalam
berbagai bidang kehidupan dengan cara
·
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
·
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar
|
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
|
·
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
·
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
·
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
|
2.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi : Pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara.
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan.
·
Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
Negara.
·
Menganalisis
pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Pembiasaan membaca (LITERASI)
·
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C.
PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi : Kerjasama dalam
bidang sosial politik.
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan.
·
Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
Negara.
·
Menganalisis
pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Pembiasaan membaca(LITERASI)
·
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C.
PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi : Kerjasama dalam
bidang pertahanan dan keamanan Negara.
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan.
·
Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
Negara.
·
Menganalisis
pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Pembiasaan membaca (LITERASI)
·
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Sub Materi : Pentingnya kerjasama antar umat
beragama
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan.
·
Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
·
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
Negara.
·
Menganalisis
pentingnya kerjasama antar umat beragama.
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
·
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Pembiasaan membaca (LITERASI)
·
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar