Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 8 BAB 5 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020



Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                   : Sejarah Sumpah Pemuda tahun 1928
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
3.      Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.      Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda  .

B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
       Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
       Pembiasaan membaca(LITERASI)

       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Sejarah Sumpah Pemuda
·         penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Sejarah Sumpah Pemuda, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·         Peserta didik mengamati dan memahami artikel Sejarah Sumpah Pemuda dengan sungguh-sungguh
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
·         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Sejarah Sumpah Pemuda 
·         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C   PENILAIAN

       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

       Penilaian Pengetahuan: Tes

       Penilaian Keterampilan: Unjuk



Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                     : Rumusan Kongres Sumpah Pemuda
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
3.      Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.      Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda  .

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
       Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
       Pembiasaan membaca(LITERASI)

       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
·         . Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Rumusan Kongres Sumpah Pemuda
·         penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Rumusan Kongres Sumpah Pemuda, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
·         Rumusan Kongres Sumpah Pemuda  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
·         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

          Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
          Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C.     PENILAIAN

a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk



Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                   : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
3.      Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.      Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
.
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
       Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
       Pembiasaan membaca(LITERASI)

       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·         Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
·         Saling tukar informasi tentang  :  Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
·         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa


C.     PENILAIAN
    1. Penilaian Sikap: Lembar Observasi

    1. Penilaian Pengetahuan: Tes
    2. Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                   : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
Pertemuan ke              : 4
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
3.      Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.      Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda  .

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
       Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
       Pembiasaan membaca(LITERASI)

       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Saling tukar informasi tentang  :  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai  Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C.     PENILAIAN
a.      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.      Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                   : Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
Pertemuan ke              : 5
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mendeskripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
3.      Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.      Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda  .

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia dengan cara :
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  :  Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :  Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C.     PENILAIAN

a.     Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.     Penilaian Pengetahuan: Tes
c.     Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi                   : Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda
Pertemuan ke              : 6
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a.       Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
b.      Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam  Sumpah Pemuda
c.       Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
d.      Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
e.       Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda 
.
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Saling tukar informasi tentang  : Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda 
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C.     PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...