Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Sejarah Sumpah
Pemuda tahun 1928
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1. Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2. Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam Sumpah Pemuda
3. Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4. Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5. Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda .
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
• Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik Sejarah
Sumpah Pemuda
·
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Sejarah Sumpah Pemuda, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang
disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·
Peserta didik mengamati dan memahami artikel Sejarah
Sumpah Pemuda
dengan sungguh-sungguh
·
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
·
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
·
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: Sejarah Sumpah Pemuda
·
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C
PENILAIAN
• Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
• Penilaian
Pengetahuan: Tes
• Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Rumusan Kongres
Sumpah Pemuda
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1. Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2. Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam Sumpah Pemuda
3. Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4. Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.
Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda .
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
• Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
·
. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik Rumusan Kongres Sumpah Pemuda
·
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai : Rumusan Kongres Sumpah Pemuda, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang
disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi
·
Rumusan Kongres Sumpah Pemuda dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
·
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
•
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
1.
Mendesk ripsikan sejarah perumusan
Sumpah Pemuda
2.
Mengidentifikasi semangat dan komitmen
dalam Sumpah Pemuda
3.
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi
bangsa Indonesia
4.
Menyusun hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda
5.
Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda
.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
• Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
·
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Makna Sumpah
Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·
Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
·
Saling tukar informasi tentang : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan
Kemerdekaan dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
·
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
·
Peserta didik menganalisa masukan,
tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
·
Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
- Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
- Penilaian
Pengetahuan: Tes
- Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Makna Sumpah Pemuda bagi Pejuangan Kemerdekaan
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1. Mendesk ripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
2. Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam Sumpah Pemuda
3. Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
4. Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
5.
Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda .
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
• Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
- Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
topik Makna Sumpah
Pemuda bagi Pelajar
- Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai : Makna Sumpah Pemuda bagi
Pelajar
- Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar
- Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
- Saling
tukar informasi tentang : Makna Sumpah Pemuda bagi
Pelajar dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok
- Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Makna Sumpah Pemuda bagi
Pelajar
- Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: Makna Sumpah
Pemuda bagi Pelajar
- Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai Makna Sumpah Pemuda bagi
Pelajar
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan
Bangsa Indonesia
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
1.
Mendeskripsikan sejarah perumusan Sumpah
Pemuda
2.
Mengidentifikasi semangat dan komitmen
dalam Sumpah Pemuda
3.
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi
bangsa Indonesia
4.
Menyusun hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda
5.
Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda .
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topik Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa
Indonesia dengan cara :
- Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Arti Penting
Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
- Saling tukar informasi tentang : Arti Penting
Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok
- Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan
menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
- Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan
koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Arti Penting
Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Arti Penting
Sumpah Pemuda Bagi Pejuangan Bangsa Indonesia
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Semangat
dan Komitmen Sumpah Pemuda
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
a.
Mendesk ripsikan sejarah perumusan
Sumpah Pemuda
b.
Mengidentifikasi semangat dan komitmen
dalam Sumpah Pemuda
c.
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi
bangsa Indonesia
d.
Menyusun hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda
e.
Menyaji kan hasil telaah tentang Sumpah
Pemuda
.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topik Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda
- Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Saling tukar informasi tentang : Semangat
dan Komitmen Sumpah Pemuda dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
- Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
- Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan
koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif.
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari
2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar