Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub Materi : Perjuangan
menuju NKRI
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajran dan refleksi
b. Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap disiplin.
c. Siswa melakukan operasi semut
untuk menjaga kebersihan kelas.
d. Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa
C
PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub
Materi : Makna proklamasi
kemerdekaan Indonesia
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
·
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
·
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.Kegiatan Penutup
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
·
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub Materi :
Karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas dibuka
dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajran dan refleksi
b. Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap disiplin.
c. Siswa melakukan operasi semut
untuk menjaga kebersihan kelas.
d. Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari
2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub Materi :
Karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
·
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
·
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
·
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
·
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub Materi :
Peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
·
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
·
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
·
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajran dan refleksi
b. Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap disiplin.
c. Siswa melakukan operasi semut
untuk menjaga kebersihan kelas.
d. Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa
C. PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Pembelajaran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Sub
Materi : Karakteristik daerah
tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Menganalisis perjuangan menuju NKRI
·
Memahami makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menyusun laporan hasil pengamatan
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Memahami masalah berkaitan dengan peran
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
·
Menunjukkan keterampilan mengamati
tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
· Kelas dibuka dengan ucapan salam,
berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
· Guru menjelaskan tentang tujuan,
manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
· Pembiasaan membaca(LITERASI)
· Siswa diajak menyanyikan lagu
daerah setempat (Nasionalis)
2.Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.Kegiatan Penutup
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
·
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap
disiplin.
·
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
·
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
·
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
·
Penilaian
Pengetahuan: Tes
·
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar