Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 8 BAB 4 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020



Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                  : Sejarah Sumpah Pemuda tahun 1928
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.    Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
2.    Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
3.    Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
4.    Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
5.    Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
6.    Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  sejarah  Kebangkitan Nasional
·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
·         Saling tukar informasi tentang  : Sejarah Kebangkitan Nasional  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
·         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
·         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Sejarah Kebangkitan Nasional 
·         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.  PENILAIAN

      Penilaian Sikap: Lembar Observasi

         Penilaian Pengetahuan: Tes
      Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                    : Makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
            Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
            Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
            Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
            Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
            Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
            Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
     Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
     Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Makna Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak Pergerakan Nasional.
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan
         Saling tukar informasi tentang  :  Makna Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak Pergerakan Nasional  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Makna Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak Pergerakan Nasional
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN

a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                  : Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
       Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
        Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
        Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
        Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
          Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda .
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
         Saling tukar informasi tentang  makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
    1. Penilaian Sikap: Lembar Observasi

    1. Penilaian Pengetahuan: Tes
    2. Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                  : Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
Pertemuan ke              : 4                                
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
       . Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
        Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
        Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
        Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
        Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
        Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Arti Kebangkitan Nasional
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
         Saling tukar informasi tentang  :  Arti Kebangkitan Nasional dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Arti Kebangkitan Nasional
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.      Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                  : Peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Pertemuan ke              : 5
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
       Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
        Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
        Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
        Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
        Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  
         Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  
         Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN

a.     Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.     Penilaian Pengetahuan: Tes
c.     Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            VIII/2
Materi Pokok              : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi                  : Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
Pertemuan ke              : 6
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.    Mendeskripsikan sejarah  kebangkitan nasional
2.    Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
3.    Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
4.    Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
5.    Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
6.    Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
         Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
         Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan
         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang :
         Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional 
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003








Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...