Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran :
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi : Sejarah Sumpah
Pemuda tahun 1928
Pertemuan ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
1.
Mendeskripsikan sejarah
kebangkitan nasional
2. Mendeskripsikan
makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
3. Mendeskripsikan
Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
4. Menganalisis
arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
5. Mendeskripsikan
peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
6. Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan
Nasional
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
·
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik sejarah Kebangkitan Nasional
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
·
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
·
Saling tukar informasi tentang : Sejarah Kebangkitan Nasional dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
·
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
·
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
·
Peserta didik menganalisa masukan,
tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Sejarah Kebangkitan Nasional
·
Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian Pengetahuan:
Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran :
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi : Makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan
Pertemuan ke : 2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
•
Mendeskripsikan sejarah
kebangkitan nasional
•
Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
•
Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Indonesia.
•
Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
•
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Makna Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak
Pergerakan Nasional.
|
•
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
•
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan
•
Saling tukar
informasi tentang : Makna Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak
Pergerakan Nasional dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
|
•
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
|
•
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: Makna
Kebangkitan Nasional Sebagai Tonggak Pergerakan Nasional
•
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa menyimak cerita
motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa melakukan operasi
semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam
Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi : Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Mendeskripsikan sejarah
kebangkitan nasional
•
Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
•
Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Indonesia.
•
Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan
Nasional
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi
Muda .
|
•
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar
|
•
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
•
Saling
tukar informasi tentang makna
Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
|
•
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
|
•
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: Makna
Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
•
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
- Penilaian Sikap: Lembar Observasi
- Penilaian Pengetahuan: Tes
- Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran :
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
Sub Materi :
Menganalisis arti
penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
Pertemuan ke : 4
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
•
. Mendeskripsikan sejarah kebangkitan nasional
•
Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
•
Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Indonesia.
•
Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan
Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Arti Kebangkitan Nasional
|
•
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
•
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
•
Saling tukar
informasi tentang : Arti Kebangkitan Nasional dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
|
•
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
|
•
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang: Arti Kebangkitan Nasional
•
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C.
PENILAIAN
a.
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam
Perjuangan Kemerdekaan
Sub
Materi : Peran
tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Mendeskripsikan sejarah
kebangkitan nasional
•
Mendeskripsikan makna kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
•
Menganalisis arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan.
•
Mendeskripsikan peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan Indonesia.
•
Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan
Nasional
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan
ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
•
Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
|
•
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar
|
•
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
|
•
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang:
•
Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
a.
Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan:
Tes
c.
Penilaian Keterampilan:
Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional 1908 Dalam
Perjuangan Kemerdekaan
Sub
Materi : Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1.
Mendeskripsikan
sejarah kebangkitan nasional
2.
Mendeskripsikan
makna kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
3.
Mendeskripsikan
Makna Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda
4.
Menganalisis
arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan.
5.
Mendeskripsikan
peran tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
6.
Mendeskripsikan Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan
ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak
menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
•
Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
|
•
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
|
•
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan
|
•
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran tentang :
•
Peran Penting Tokoh Kebangkitan Nasional
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
a.
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar