Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Bela Negara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi : Makna Bela Negara dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
•
Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang
mengatur tentang bela negara.
•
Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
•
Mendeskripsikan semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Makna Bela
Negara dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang : Makna Bela Negara dan
Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan. Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian Pengetahuan:
Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Bela Negara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi : Perjuangan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
•
Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang
mengatur tentang bela negara.
•
Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
•
Mendeskripsikan semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Perjuangan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang Perjuangan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan.
•
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
•
Siswa menyimak cerita
motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa melakukan operasi
semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Bela Negara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi :
Ancaman terhadap NKRI
Pertemuan ke :
3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
•
Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
•
Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang
mengatur tentang bela negara.
•
Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
•
Mendeskripsikan semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter) pada topic Ancaman terhadap NKRI
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan kesempatan
untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin
tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau
tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang Ancaman terhadap NKRI dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
|
•
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan.
•
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
- Penilaian Sikap: Lembar Observasi
- Penilaian Pengetahuan: Tes
- Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Sub
Materi : Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
•
Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang
mengatur tentang bela negara.
•
Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
•
Mendeskripsikan semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.Kegiatan
Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic
•
Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan.
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar