Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 9 BAB 6 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020



Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi                  : Makna Bela Negara dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
         Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bela negara.
         Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.
         Mendeskripsikan semangat dan komitmen  persatuan dan kesatuan  nasional dalam mengisi dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Makna Bela Negara dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  : Makna Bela Negara dan Peraturan Perundang-Undangan tentang Bela Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan. Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.              Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.  PENILAIAN
      Penilaian Sikap: Lembar Observasi
         Penilaian Pengetahuan: Tes
      Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi                    : Perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
         Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bela negara.
         Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.
         Mendeskripsikan semangat dan komitmen  persatuan dan kesatuan  nasional dalam mengisi dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
     Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
     Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  Perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.                  Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi                  : Ancaman terhadap NKRI
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
         Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bela negara.
         Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.
         Mendeskripsikan semangat dan komitmen  persatuan dan kesatuan  nasional dalam mengisi dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Ancaman terhadap NKRI
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  Ancaman terhadap NKRI dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
         Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
    1. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
    2. Penilaian Pengetahuan: Tes
    3. Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sub Materi       : Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
Pertemuan ke              : 4                                
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Menjelaskan Hakikat Bela Negara.
         Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bela negara.
         Mendeskripsikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.
         Mendeskripsikan semangat dan komitmen  persatuan dan kesatuan  nasional dalam mengisi dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
        Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
        Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic
         Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang Semangat dan Komitmen Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.                       Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...