Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Makna
Persatuan dalam Kebangsaan
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama,
ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
·
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
·
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Saling
bertukar informasi tentang makna persatuan dan kesatuan bangsa dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Makna Persatuan dalam
Kebangsaan
·
Peserta
didik menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi tentang materi Makna Persatuan dalam
Kebangsaan berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
·
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Makna Persatuan dalam Kebangsaan
yang akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Makna
Persatuan dalam Kebangsaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
3. Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C. PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Prinsip
persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
•
Siswa diajak menyanyikan lagu
daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
·
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
·
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi
·
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
·
Mengolah
informasi dari materi Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan
antargolongan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
·
Peserta
didik menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Prinsip persatuan dalam
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
·
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Prinsip
persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
3. Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi :
Permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan
antargolongan
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
- Penilaian Sikap: Lembar
Observasi
- Penilaian Pengetahuan: Tes
- Penilaian Keterampilan:
Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman
masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Permasalahan yang mungkin
Timbul dari keberagaman masyarakat Indonesia
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
•
Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi :. Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
b. Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Sub Materi : Upaya
pencegahan konflik yang bersifat SARA
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
·
Memahami makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Menjelaskan prinsip persatuan dalam keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menganalisis permasalahan yang muncul dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan
·
Menjelaskan upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
b. Guru
menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan.
c.
Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
·
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir
kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca)
dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter ) pada topic: Peran
Tokoh Masyaratakat/Nasional dalam upaya menyelesaikan masalah yang muncul
dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
•
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
•
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
1 komentar:
terima kasih . sangat membantu. bagi soal-soalnya juga ya
Posting Komentar