Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Makna semangat dan komitmen kebangsaan
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
- Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud
nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis makna semangat dan komitmen
kebangsaan
- Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen
Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan
pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
- Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung
jawab
- Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan
pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca (LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian Pengetahuan: Tes
• Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Makna semangat dan komitmen kebangsaan
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
- Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud
nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis makna semangat dan komitmen
kebangsaan
- Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen
Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan
pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
- Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung
jawab
- Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan
pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu
daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
•
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
•
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Arti penting Semangat dan Komitmen
Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
- Menunjukkan
sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif
kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis
makna semangat dan komitmen kebangsaan
- Menganalisis
arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis
peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
- Menyusun
laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
- Mensimulasikan
peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
- Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
- Penilaian
Pengetahuan: Tes
- Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk
memperkuat NKRI
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
- Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud
nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis makna semangat dan komitmen
kebangsaan
- Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen
Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan
pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
- Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung
jawab
- Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan
pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas
dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa
diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3. Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W.
MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Peran Tokoh
Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat
NKRI
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
- Menunjukkan
sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif
kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis
makna semangat dan komitmen kebangsaan
- Menganalisis
arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis
peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
- Menyusun
laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
- Mensimulasikan
peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi : Peran Tokoh
Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat
NKRI
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
- Menunjukkan
sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif
kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Menganalisis
makna semangat dan komitmen kebangsaan
- Menganalisis
arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
- Menganalisis
peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
- Menyusun
laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
- Mensimulasikan
peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
B. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
• Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
• Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai
Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
1 komentar:
Alhamdulillah terimakasih sangat membantu saya dalam menyelesaikan administrasi , semoga ilmunya barokah aamiin aamiin aamiin Ya Rabbal A`lamiin
Posting Komentar