Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Harmoni
Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi : Harmoni dalam Keberagaman
Sosial Budaya
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman
sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
•
Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya,
ekonomi, dan gender pada masyarakat
Indonesia.
•
Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial
budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
•
Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Harmoni dalam
Keberagaman Sosial Budaya
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang : Harmoni dalam Keberagaman
Sosial Budaya dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan dan Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
.Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
• Penilaian Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian Pengetahuan:
Tes
• Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Harmoni
Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi : Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan Gender
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman
sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
•
Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
•
Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial
budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
•
Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Harmoni dalam
Keberagaman Ekonomi dan Gender
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang :Harmoni dalam Keberagaman
Ekonomi dan Gender dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan :Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan
Gender
|
3.Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
•
Siswa menyimak cerita
motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
•
Siswa melakukan operasi
semut untuk menjaga kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Harmoni
Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi : Permasalahan dan akibat yang
muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
Pertemuan ke :
3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu :
•
Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman
sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
•
Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya,
ekonomi, dan gender pada masyarakat
Indonesia.
•
Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial
budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
•
Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan
gender pada masyarakat Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter) pada topic Permasalahan dan akibat yang muncul
dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
|
•
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.
|
•
Saling tukar informasi
tentang :Permasalahan dan akibat yang
muncul dalam keberagaman Masyarakat
Indonesia dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok
|
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
•
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
- Penilaian Sikap: Lembar Observasi
- Penilaian Pengetahuan: Tes
- Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 10
PULAU MOROTAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok : Harmoni
Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub
Materi : Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
•
Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman
sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
•
Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya,
ekonomi, dan gender pada masyarakat
Indonesia.
•
Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial
budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
•
Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada
masyarakat Indonesia.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.Kegiatan
Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
•
Guru menjelaskan tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
•
Pembiasaan
membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.
Kegiatan
Inti
•
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis
dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.
|
•
Guru memberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas
pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
|
•
Saling tukar informasi
tentang Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
|
•
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
•
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
•
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja..
•
Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.
|
3.
Kegiatan
Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C.
PENILAIAN
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI WINANTI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar