Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 9 BAB 5 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020



Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi                  : Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.

B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  : Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan dan Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         .Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.  PENILAIAN
      Penilaian Sikap: Lembar Observasi
         Penilaian Pengetahuan: Tes
      Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi                    : Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan Gender
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
     Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
     Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan Gender
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  :Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan Gender dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi dan Gender
3.Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa

C.    PENILAIAN
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi                  : Permasalahan dan akibat yang muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)
A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
         Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
         Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Permasalahan dan akibat yang muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.
         Saling tukar informasi tentang  :Permasalahan dan akibat yang muncul dalam  keberagaman Masyarakat Indonesia dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
    1. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
    2. Penilaian Pengetahuan: Tes
    3. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran            :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           :            IX/2
Materi Pokok              : Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Sub Materi                  : Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
Pertemuan ke              : 4                                
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
         Mengidentifikasi makna harmoni dalam keberagaman sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mengidentifikasi akibat dari permasalahan sosial budaya, ekonomi,  dan gender pada masyarakat Indonesia.
         Mendeskripsikan upaya penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia.

B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
     Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
        Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
        Pembiasaan membaca(LITERASI)
     Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) pada topic Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.
         Guru memberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingin tahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswa tersebut (menanya)
         Saling tukar informasi tentang  Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja..
         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.    PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...