Senin, 04 Mei 2020

PPKN KELAS 8 BAB 6 RPP 1 LEMBAR SEMESTER GENAP 2020



Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi                     : Makna semangat dan komitmen  kebangsaan
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
          Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
          Pembiasaan membaca (LITERASI)
       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Sekolah  
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Sekolah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Saling tukar informasi tentang  : Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Sekolah  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Sekolah 
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.  PENILAIAN

       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

          Penilaian Pengetahuan: Tes
       Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi                   : Makna semangat dan komitmen  kebangsaan
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan

      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
      Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
      Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Pergaulan
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Pergaulan, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  :  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Pergaulan  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

          Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
          Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.     PENILAIAN

a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai



REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn



SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi                   : Arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

       Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
          Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
          Pembiasaan membaca(LITERASI)
       Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Masyarakat
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Masyarakat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi Saling tukar informasi tentang  :  Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Lingkungan Masyarakat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.     PENILAIAN
    1. Penilaian Sikap: Lembar Observasi

    1. Penilaian Pengetahuan: Tes
    2. Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi                   : Arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
Pertemuan ke              : 4                                
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan

      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
        Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
        Pembiasaan membaca(LITERASI)
      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Arti Penting Semangat dan Komitmen  bagi Diri Sendiri dan Arti Penting bagi Masyarakat
  • Menyimak  penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Arti Penting Semangat dan Komitmen  bagi Diri Sendiri dan Arti Penting bagi Masyarakat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  :  Arti Penting Semangat dan Komitmen  bagi Diri Sendiri dan Arti Penting bagi Masyarakat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.     PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.      Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi                    : Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Pertemuan ke              : 5
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Pembiasaan membaca(LITERASI)
c. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  Arti Penting Semangat dan Komitmen bagi Bangsa dan Negara
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :  Arti Penting Semangat dan Komitmen bagi Bangsa dan Negara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  :  Arti Penting Semangat dan Komitmen bagi Bangsa dan Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:  Arti Penting Semangat dan Komitmen bagi Bangsa dan Negara
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.     PENILAIAN

a.     Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.     Penilaian Pengetahuan: Tes
c.     Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
Mata Pelajaran             :            Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :            VIII/2
Materi Pokok               : Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Sub Materi       : Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
Pertemuan ke              : 6
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan ( 120 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
  • Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis makna semangat dan komitmen kebangsaan
  • Menganalisis arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
  • Menganalisis peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Menyusun laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab
  • Mensimulasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
B.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahuluan
a. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
b. Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
c. Pembiasaan membaca(LITERASI)
d. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2.      Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
  • Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi
  • Saling tukar informasi tentang  : Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  • Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
       Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi

       Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

       Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

       Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
C.     PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes

c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai


REN W. MADELU, S.Pd
NIP. 19870601 201101 1 002
Morotai Timur,              Januari  2020
Guru MAPEL PPKn


SANI WINANTI, S.Pd
NIP. 19880918 201708 2 003



1 komentar:

AZILADAR mengatakan...

Alhamdulillah terimakasih sangat membantu saya dalam menyelesaikan administrasi , semoga ilmunya barokah aamiin aamiin aamiin Ya Rabbal A`lamiin

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...