RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
||
Satuan Pendidikan
|
: SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
|
|
Kelas / Semester
|
: VII/2
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
Materi Pokok
|
: Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan dalam Bingkai Bhineka
|
|
Tunggal Ika
|
||
Sub Materi
|
: Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
|
|
Pertemuan ke-
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x Pertemuan (120
Menit)
|
MATERI
PEMBELAJARAN Keberagaman
dalam Masyarakat Indonesia
a.
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
b.
Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya
c.
KeberagamanAgamadan
Kepercayaan
d.
Keberagaman Ras
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
•
Sumber dan Media
-
Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi SMP/MTs Kelas
VII, “Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan “,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016
-
Buku
referensi lain yang menunjang
-
Website
dicariguru.com
Setelah mempelajari materi tentang ’ Keberagaman
dalam Masyarakat Indonesia’, diharapkan peserta didik mampu :
• Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka NKRI,
•
Menunjukkan
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI, dan
• Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang
beranggotakan 4 siswa.
• Guru memberi tugas
dan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok.
•
Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu
kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka.
•
Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli, tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar/melaoporkan hasil
diskusinya kepada teman satu tim mereka tentang subbab yang dibahas.
• Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.
• Guru membimbing peserta
didik menghubungkan berbagai informasi yang
diperoleh, seperti berikut ini.
-
Hubungan suku dengan
wilayah secara geografis. b. Hubungan
suku dengan budaya.
-
Persamaan dan perbedaan
suku dan budaya.
• Guru membimbing peserta didik menyimpulkan
keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
: SMP Negeri 10 Pulau Morotai
|
|
Kelas / Semester
|
: VII/2
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
Materi Pokok
|
: Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan dalam Bingkai Bhineka
|
|
Tunggal Ika
|
||
Sub Materi
|
: Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
|
|
Pertemuan ke-
|
:
|
2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
x Pertemuan (120 Menit)
|
MATERI PEMBELAJARAN
Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
a.
Faktor
Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
b.
Keberagaman
Suku Bangsa dan Budaya
c.
Keberagaman
Agama dan Kepercayaan
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
• Sumber dan Media
- Buku
Guru dan Buku
Siswa Edisi Revisi
SMP/MTs Kelas VII,
“Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan “,
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Memahami arti pentingnya daerah dalam kerangka
NKRI,
•
Menunjukkan
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI, dan
• Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI.
B. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok atau
sesuai kebutuhan.
•
Guru
membimbing peserta didik mengamati keanekaragama suku, agama, ras, dan antargolongan
dalam masyarakat di sekitar peserta didik, dan mengkaji berbagai keanekaragaman
bangsa Indonesia yang ada di buku paket maupun di sumber belajar lainnya.
•
Guru
membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaitan keberagaman ras,
agama, dan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
•
Guru
membimbing menyusun pertanyaan agar sesuai indikator pencapaian kompetensi,
seperti : siapa, apa, kapan, bagaimana, mengapa keberagaman ras, agama,
antargolongan dalam masyarakat Indonesia dan faktor-faktor penyebab keberagaman
tersebut.
•
Guru
membimbing peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber belajar dan
mendiskusikan pertanyaan yang disusun dan melakukan Aktivitas 4.2.
•
Guru
membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan
mengkajinya dengan nilai-nilai luhur Pancasila yang seharusnya tetap ada dalam
masyarakat Indonesia.
•
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam
keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.
•
Guru membimbing peserta didik menyusun hasil telaah
nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman ras, agama, antargolongan dalam
masyarakat. Laporan hasil telaah dapat bentuk bahan tayang, display, atau
bentuk lain.
•
Guru
membimbing peserta didik menyajikan hasil telaah keberagaman hasil telaah
nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku, agama, ras dan
antargolongan dalam masyarakat.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
||
Satuan Pendidikan
|
: SMP N Dicariguru.com
|
|
Kelas / Semester
|
: VII/2
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
Materi Pokok
|
: Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan dalam Bingkai Bhineka
|
|
Tunggal Ika
|
||
Sub Materi
|
: Arti Penting Memahami Keberagaman dalam
Bingkai Bhineka Tunggal Ika
|
|
Pertemuan ke-
|
:
|
3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x Pertemuan (120
Menit)
|
MATERI
PEMBELAJARAN
a.
Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai
Bhineka Tunggal Ika
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
•
Sumber dan Media
-
Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi SMP/MTs Kelas
VII, “Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan “,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
2016
-
Buku
referensi lain yang menunjang
-
W
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),
•
Menunjukkan
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI, dan
• Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI.
B. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
•
Guru
membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat sampai
dengan lima peserta didik.
•
Kelompok
menentukan satu topik masalah untuk bahan kajian arti penting keberagaman
masyarakat Indonesia, seperti keberagaman suku di sekolah.
•
Peserta
didik membaca berbagai berita dan perisiwa berkaitan dengan topik yang dipilih
sesuai tugas Aktivitas 4.3, dan peristiwa yang terjadi di sekitar peserta
didik.
•
Guru
membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaiatan dengan berita
atau peristiwa sesuai topik yang dipilih.
• Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indikator pencapaian kompetensi,
seperti :
•
Guru
membimbing kelompok dengan memfasilitasi berbagai sumber belajar, seperti buku
teks, buku penunjang, dan internet.
• Guru juga
dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan
peserta didik di kelompok.
•
Guru
membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
•
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting
keberagaman dalam masyarakat.
• Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan
hasil telaah di kelas.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
||
Satuan Pendidikan
|
: SMP N Dicariguru.com
|
|
Kelas / Semester
|
: VII/2
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
Materi Pokok
|
: Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan dalam Bingkai Bhineka
|
|
Tunggal Ika
|
||
Sub Materi
|
: Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku,
Agama, Ras, dan
|
|
Antargolongan
|
||
Pertemuan ke-
|
:
|
4
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x Pertemuan (120
Menit)
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
|
|
a. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman
|
•
|
Sumber
dan Media
|
Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan
|
-
|
Buku Guru dan Buku
Siswa Edisi Revisi SMP/MTs Kelas
|
VII, “Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan “,
|
||
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: 2016
|
||
-
|
Buku referensi lain
yang menunjang
|
|
-
|
Website dicariguru.com
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),
•
Menunjukkan
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI, dan
• Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI.
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
•
Guru
membentuk kelas menjadi delapan kelompok dengan topik yang berbeda seperti
toleransi terhadap keberagaman di berbagai lingkungan.
• Guru meminta peserta didik mengamati perilaku
toleransi di berbagai lingkungan kehidupan.
• Peserta didik berdiskusi dalam kelompok secara
dialogis untuk mengkaji suatu isu toleransi.
• Peserta didik menyatakan pendapatnya tentang
pentingnya toleransi,
• Peserta didik menjelaskan mengapa ia memilih untuk
memiliki sikap toleran.
•
Guru
membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi
yang diperoleh, seperti berikut ini.
-
Faktor penyebab perilaku
toleransi
-
Akibat apabila perilaku
tidak toleransi
•
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perilaku toleransi
terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.
3. Kegiatan Penutup
• Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab secara klasikal.
•
Guru
melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran, sikap dan
tindakan yang akan dilakukan.
• Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan
•
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap kelompok untuk
melakukan proyek kewarganegaraan.
C. PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 10 Pulau Morotai
REN W. MADELU, S.Pd
|
Morotai Timur, Januari 2020
Guru MAPEL PPKn
SANI
WINANTI, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
||
Satuan Pendidikan
|
: SMP NEGERI 10 PULAU MOROTAI
|
|
Kelas / Semester
|
: VII/2
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
Materi Pokok
|
: Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan dalam Bingkai Bhineka
|
|
Tunggal Ika
|
||
Sub Materi
|
: Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku,
Agama, Ras, dan Antargolongan
|
|
Pertemuan ke-
|
:
|
5
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x Pertemuan (120
Menit)
|
MATERI
PEMBELAJARAN
a. Perilaku Toleran
terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
•
Sumber dan Media
-
Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi SMP/MTs Kelas
VII, “Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan “,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
2016
-
Buku
referensi lain yang menunjang
-
W
Setelah mempelajari materi tentang ’ Perilaku
Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan’, diharapkan
peserta didik mampu :
• Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),
•
Menunjukkan
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI, dan
• Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
•
Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
• Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Pembiasaan membaca(LITERASI)
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
2. Kegiatan Inti
•
Guru
membentuk kelas menjadi dengan anggota 4 sampai dengan 5 orang, dengan anggota
yang berbeda-beda, seperti jenis kelamin, agama, asal daerah, dan sebagainya.
•
Guru
meminta peserta didik mengamati gambar. Juga berbagai budaya daerah yang ada di
Indonesia dan sekitar lingkungan peserta didik, seperti tarian, lagu, musik,
pakaian, dan sebagainya.
• Kelompok menentukan satu bentuk budaya yang akan
ditampilkan dalam pentas budaya Indonesia
di kelas.
• Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan dengan tugas praktik kewarganegaraan.
• Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indikator pencapaian kompetensi.
• Guru
membimbing kelompok mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan yang telah disusun,
dengan mengamati bentuk interaksi secara langsung dan atau wawancara dengan
nara sumber.
• Guru juga
dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan
peserta didik di kelompok.
• Guru membimbing peserta
didik menghubungkan berbagai informasi yang
diperoleh dalam praktik
• Guru membimbing peserta didik menyimpulkan praktik
kewarganegaraan
• Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan
budaya daerah dalam pentas budaya
Indonesia.
• Guru membimbing kelompok lain untuk memberikan
penilaian dan apresiasi atas penampilan kelompok lain.
3. Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan
refleksi
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa
C. PENILAIAN
•
Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
•
Penilaian
Pengetahuan: Tes
•
Penilaian
Keterampilan: Unjuk
Mengetahui Morotai Timur, Januari 2020
Kepala SMP Negeri 10
Pulau Morotai Guru PKN
REN W MADELU, S.Pd SANI WINANTI,
S.Pd
NIP. 19870601
201101 1 002 198809182017082003
1 komentar:
MANTAP
Posting Komentar