Minggu, 16 Mei 2021

LATIHAN SOAL TUGAS AKHIR GURU BERBAGI SERI PENDIDIKAN INKLUSIF 2020 TAHAP 1

 

1. Question

Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …

  • to learn
  • to work
  • to play
  • to love
  • to live

 

2. Question

Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …

·         keterbatasan latar belakang pendidikan

·         keterbatasan logistik

·         masalah komunikasi dan kurangnya pemahaman

·         perkembangan bahasa

·         kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua

 

3. Question

Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….

·         lingkungan rumah dan keluarga dimana PDBK tinggal

·         riwayat tumbuh kembang

·         hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik

·         preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik

·         dukungan dan hambatan PDBK

 

4. Question

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?

·         Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

·         Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

·         Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

·         Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

·         Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

 

5. Question

Salah satu tujuan  planning matrix adalah ….

·         mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik

·         memetakan kondisi aktual PDBK

·         mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK

·         menemukenali dan menandai peserta didik

·         membuat program bagi PDBK

 

6. Question

Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut ….

·         asesmen

·         monitoring

·         klasifikasi

·         diagnosis

·         identifikasi

 

7. Question

Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan ….

·         inklusif

·         khusus

·         integrasi

·         segregasi

·         reguler

 

8. Question

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

·         Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

·         Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

·         Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

·         Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

·         Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

 

9. Question

Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa ….

·         kemampuan mobilitas

·         kemampuan berperilaku adaptif

·         kestabilan emosi

·         kemampuan berbahasa dan berkomunikasi

·         kemampuan Activity Daily Living

 

10. Question

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

·         Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

·         Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

·         Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

·         Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

·         Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

 

11. Question

Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….

·         mengasesmen peserta didik

·         menganalisis peserta didik

·         memberikan label terhadap peserta didik

·         mendiagnosis peserta didik

·         mengidentifikasi peserta didik

 

12. Question

Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

·         riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

·         riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

 

13. Question

Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

·         riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

·         riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

·         riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

 

14. Question

Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah ….

·         mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional

·         menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat

·         mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus

·         menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu

·         mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua

 

15. Question

Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu ….

·         prinsip estetis

·         prinsip daya guna

·         prinsip berpusat pada anak (Child Centered)

·         prinsip learning centers (pembagian zona)

·         prinsip menarik dan menantang

 

16. Question

Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan  kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula PDBK. Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan PDBK di ….

·         kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian

·         kelas reguler (inklusi penuh)

·         kelas reguler dengan cluster

·         kelas reguler dengan cluster dan pull out

·         kelas khusus penuh

 

17. Question

Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, di antaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosi, diperlukan oleh guru untuk ….

·         memberi label peserta didik

·         menganalisis peserta didik

·         mengases peserta didik

·         mengidentifikasi peserta didik

·         mendiagnosis peserta didik

 

18. Question

Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian ….

·         referral

·         asesmen

·         klasifikasi

·         identifikasi

·         screening

 

19. Question

Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….

·         duplikasi

·         substitusi

·         modifikasi

·         omisi

·         eskalasi

 

20. Question

Sebuah desain harus dapat mengakomodasi berbagai pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu ….

·         prinsip fleksibel dalam penggunaannya

·         prinsip dapat digunakan oleh semua orang

·         prinsip informasi penggunaan yang jelas

·         prinsip mudah digunakan

·         prinsip toleransi untuk kesalahan

 

21. Question

Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan ….

·         Tunagrahita

·         Tunanetra

·         Spektrum Autis

·         Tunarungu

·         Tunadaksa

 

22. Question

Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …

·         Under Achievement

·         Impairment

·         Disability

·         Under Actuality

·         Handicapped

 

23. Question

Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program  disebut kegiatan ….

·         identifikasi

·         klasifikasi

·         monitoring

·         diagnosis

·         asesmen

 

24. Question

Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah ….

·         tujuan

·         proses

·         materi

·         media pembelajaran

·         evaluasi

 

25. Question

PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas reguler karena kemampuan intelektualnya terbatas, maka PDBK tersebut dapat mengikuti ….

·         pembelajaran home schooling

·         pembelajaran fleksibel

·         Program Pembelajaran Individual (PPI)

·         pembelajaran remidial

·         pembelajaran berkelompok

 

 

Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...