|
1. Question Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak
berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan
eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan
khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …
|
|
2. Question Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan
terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang
membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan
keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu … ·
keterbatasan
latar belakang pendidikan ·
keterbatasan
logistik ·
masalah
komunikasi dan kurangnya pemahaman ·
perkembangan
bahasa ·
kurangnya
pemahaman terhadap budaya orangtua |
|
3. Question Di bawah ini informasi berharga yang didapat
dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …. ·
lingkungan
rumah dan keluarga dimana PDBK tinggal ·
riwayat
tumbuh kembang ·
hambatan,
ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik ·
preferensi,
kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik ·
dukungan
dan hambatan PDBK |
|
4. Question Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat
untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik? ·
Kondisi
yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. ·
Kondisi
yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. ·
Kondisi
nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik
baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. ·
Kondisi
nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik
secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. ·
Kondisi
nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik
secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran. |
|
5. Question Salah satu tujuan planning matrix adalah
…. ·
mengetahui
perbedaan karakteristik peserta didik ·
memetakan
kondisi aktual PDBK ·
mencari
perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK ·
menemukenali
dan menandai peserta didik ·
membuat
program bagi PDBK |
|
6. Question Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang
masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut …. ·
asesmen ·
monitoring ·
klasifikasi ·
diagnosis ·
identifikasi |
|
7. Question Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau
menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak
berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program
sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan
…. ·
inklusif ·
khusus ·
integrasi ·
segregasi ·
reguler |
|
8. Question Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat
untuk menggambarkan makna identifikasi? ·
Guru
mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus. ·
Guru
memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan
dengan peserta didik lainnya. ·
Guru
mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus. ·
Guru
membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus. ·
Guru
mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di
sekolah atau di kelasnya. |
9.
Question
Guru
di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan
pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk
mengembangkan kemampuan dasar, berupa …. ·
kemampuan
mobilitas ·
kemampuan
berperilaku adaptif ·
kestabilan
emosi ·
kemampuan
berbahasa dan berkomunikasi ·
kemampuan
Activity Daily Living |
10.
Question
Manakah
pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna
identifikasi? ·
Guru
mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus. ·
Guru
mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus. ·
Guru
memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan
dengan peserta didik lainnya. ·
Guru
mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah
atau di kelasnya. ·
Guru
membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus. |
11.
Question
Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh
guru untuk …. ·
mengasesmen
peserta didik ·
menganalisis
peserta didik ·
memberikan
label terhadap peserta didik ·
mendiagnosis
peserta didik ·
mengidentifikasi
peserta didik |
12.
Question
Alat
identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus
perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting
untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus
adalah: ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil kesehatan anak. ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak. ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil hambatan anak. ·
riwayat
kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak. ·
riwayat
kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil
hambatan anak. |
13.
Question
Alat
identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus
perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting
untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus
adalah: ·
riwayat
kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil
hambatan anak. ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil hambatan anak. ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak. ·
riwayat
kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak. ·
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil kesehatan anak. |
14.
Question
Salah
satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses
penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah …. ·
mengkonsultasikan
anak kepada tenaga ahli yang profesional ·
menentukan
apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat ·
mengembalikan
anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus ·
menandai
anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu ·
mengkomunikasikan
kebutuhan khusus anak kepada orangtua |
15.
Question
Penataan
ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi,
dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal
tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu …. ·
prinsip
estetis ·
prinsip
daya guna ·
prinsip
berpusat pada anak (Child Centered) ·
prinsip
learning centers (pembagian zona) ·
prinsip
menarik dan menantang |
16.
Question
Pelaksanaan
proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan
proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik
reguler terdapat pula PDBK. Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam
mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip
khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan
definisi penempatan PDBK di …. ·
kelas
khusus dengan berbagai pengintegrasian ·
kelas reguler
(inklusi penuh) ·
kelas
reguler dengan cluster ·
kelas
reguler dengan cluster dan pull out ·
kelas
khusus penuh |
17.
Question
Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, di antaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosi, diperlukan
oleh guru untuk …. ·
memberi
label peserta didik ·
menganalisis
peserta didik ·
mengases
peserta didik ·
mengidentifikasi
peserta didik ·
mendiagnosis
peserta didik |
18.
Question
Proses
menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran.
Merupakan pengertian …. ·
referral ·
asesmen ·
klasifikasi ·
identifikasi ·
screening |
19.
Question
Penggantian
kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan
khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah…. ·
duplikasi ·
substitusi ·
modifikasi ·
omisi ·
eskalasi |
20.
Question
Sebuah
desain harus dapat mengakomodasi berbagai pilihan kenyamanan dan kebutuhan
dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal
pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan pendidikan
inklusif yang ramah anak, yaitu …. ·
prinsip
fleksibel dalam penggunaannya ·
prinsip
dapat digunakan oleh semua orang ·
prinsip
informasi penggunaan yang jelas ·
prinsip
mudah digunakan ·
prinsip
toleransi untuk kesalahan |
21.
Question
Peserta
didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak
memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi
untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat
menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan …. ·
Tunagrahita ·
Tunanetra ·
Spektrum
Autis ·
Tunarungu ·
Tunadaksa |
22.
Question
Keterbatasan
atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk
menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal,
biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan
makna dari … ·
Under
Achievement ·
Impairment ·
Disability ·
Under
Actuality ·
Handicapped |
23.
Question
Kegiatan
yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk
membuat program disebut kegiatan …. ·
identifikasi ·
klasifikasi ·
monitoring ·
diagnosis ·
asesmen |
24.
Question
Modifikasi
kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL),
kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah …. ·
tujuan ·
proses ·
materi ·
media
pembelajaran ·
evaluasi |
25.
Question
PDBK
yang tidak mampu beradaptasi di kelas reguler karena kemampuan intelektualnya
terbatas, maka PDBK tersebut dapat mengikuti …. ·
pembelajaran
home schooling ·
pembelajaran
fleksibel ·
Program
Pembelajaran Individual (PPI) ·
pembelajaran
remidial ·
pembelajaran
berkelompok |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar