B. PETUNJUK KHUSUS
I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf didepan jawaban yang
paling benar.
1.
Nama tokoh di bawah ini yang mengusulkan rumusan rancangan dasar negara kepada
BPUPKI adalah....
A.
A. Maramis, Moh Yamin, Ir. Soekarno
B.
Moh Yamin, A. Maramis, Moh Hatta
C.
Soepomo, H. Agus Salim, Moh Hatta
D.
Ir. Soekarno,Soepomo, Muh Yamin
2.
Komitmen kebangsaan para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
adalah ....
A.
mempertahankan dasar negara
pancasila C.
menentang paham yang bersebrangan
B.
menjunjung ke-Bhinnekaan yang
ada D. memahami pembukaan UUD NRI
Tahun 1945
3.
Pancasila merupakan jiwa
bangsa Indonesia yang memberikan corak dan ciri khas serta membedakan dengan
bangsa lainnya. Pernyataan tersebut merupakan kedudukan Pancasila sebagai....
- Pandangan Hidup Bangsa C.
Perjanjian Luhur Rakyat
- Kepribadian Bangsa D.
Sumber dari Segala Sumber Hukum
4.
Pancasila merupakan dasar kehidupan bernegara yang dijadikan pedoman
dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Pernyataan tersebut merupakan
pengertian fungsi Pancasila sebagai...
- Ideologi B. Dasar Negara C. Pandangan Hidup bangsa D. Sumber dari Segala Sumber Hukum
5.
Perhatikan pernyataan
berikut!
![]()
Informasi
tersebut menunjukkan penyimpangan dalam penerapan Pancasila pada masa.....
A.
Awal kemerdekaan B. Orde Lama C. Orde Baru D. Reformasi
6.
Setelah mengalami beberapa
kekalahan perang, akhirnya Jepang membentuk BPUPKI untuk merealisasikan janji
kemerdekaan Indonesia. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat. BPUPKI
menyelenggarakan dua kali sidang. Agenda sidang pertama BPUPKI adalah.....
- Membentuk Panitia Sembilan C.
Menetapkan Pancasila
- Menetapkan UUD 1945 D.
Merumuskan Dasar Negara
7.
Ir Soekarno pada tanggal 1 Juni
1945 menyampaikan pidato dasar negara
Indonesia diantaranya berbunyi ....
|
A. 1.Kebangsaan Indonesia 2.Internasionalisme atau peri kemanusiaan 3.Mufakat atau demokrasi 4.Kesejahteraan sosial 5.Ketuhanan YME |
B.
1.Persatuan 2.Kekeluargaan 3.Keseimbangan Lahir batin 4.Musyawarah 5.Keadilan rakyat |
|
C. 1.Peri Kebangsaan 2.Peri Kemanusiaan 3.Peri Ketuhanan 4.Peri Kerakyatan 5.Kesejahteraan Sosial |
D. 1.Ketuhanan YME 2.Kebangsaan persatuan Indonesia 3.Rasa Kemanusiaan yang adil dan beradab 4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan 5.Keadilan sosial rakyat |
8.
Perhatikan sikap di bawah ini :
1. Selalu
rela berkorban
2. Melakukan
pengorbanan pribadi
3. Mengedepankan
persatuan dan kesatuan
4. Mengutamakan
kepentingan pribadi di atas kepentingan
umum
5. Mendukung
dan berupaya secara aktif mencapai tujuan golongan tertentu
Dalam proses perumusan Pancasila
dapat dievaluasi sikap yang dimiliki
para pendiri negara sesuai pernyataan
nomor ....
A. (1)
dan (2) B.
(1) dan (3) C.
(1) dan
(4) D.
(1) dan (5)
9.
Perhatikan pernyataan di bawah ini .
1. Pancasila falsafah bangsa Indonesia
2. Dasar untuk mengatur kehidupan bangsa dan negara
3. Pancasila hasil kesepakatan bersama para golongan komunis
4. Pancasila harus dilaksanakan secara konsisten dalam
kehidupan bernegara
5. Pancasila sudah menjadi kesepakatan nasional yang diterima
secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia
Dalam dinamika Pancasila
sebagai dasar negara memiliki kedudukan sesuai dengan pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan(3) B. (1), (2), dan(4) C. (1), (3), dan(4) D. (2), (3) dan (5)
10.
Sikap pengamalan Pancasila
sila ketiga dalam kehidupan
bermasyarakat dapat ditunjukkan :
1. rela berkorban
2. saling mencintai
3. cinta tanah air dan bangsa
4. menjaga nama baik keluarga
5. bangga memiliki keberagaman budaya Indonesia
Jawaban yang sesuai terdapat
pada nomor :
A. (1) dan (3) B.
(1) dan (2) C.
(1) dan (4) D.(1)dan(5)
11.
Sikap pengamalan Pancasila
sila kedua dalam kehidupan bermasyarakat
dapat ditunjukkan :
1. rela berkorban demi bangsa
2. saling mencintai sesama manusia
3. cinta tanah air dan bangsa
4. menghargai hak asasi manusia
5. menjenguk teman yang sedang sakit
Jawaban yang sesuai terdapat pada nomor :
A. (1), (3), dan (5) B. (2),
(4), dan (5) C.
(1), (4), dan (5) D.(2),(3),dan(4)
12.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1. Pak Reno
menolong adiknya yang terjatuh
2. Ana
berdoa sebelum melakukan kegiatan
3. Sikap
menjaga kerukunan dan toleransi sesama agama
4. Bondan
mengganggu temannya saat beribadah berjamaah
5. Ayah
melakukan sholat berjamaah dengan anggota keluarga
Nilai
sikap yang sesuai sila pertama ditunjukkan pada nomor ....
A. (1),
(2), dan (3) B.
(2), (3), dan (5) C.
(2), (4), dan (5) D. (1),
(4), dan (5)
13. Perhatikan pernyataan berikut ini
Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
1.Gotong
royong
2.Saling
menghargai pendapat
3.Andi gemar
ibadah
4.Suka
saling menolong
5.Menghargai
karya orang lain
Nomer yang sesuai nilai sila keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia terdapat pada nomer ....
A.
1,2,3 dan , 4 B. 2,3,4,dan ,
5 C. 1,3,4 dan ,
5 D. 1,2,3,dan , 5
14.
Rumusan Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD
NRI tahun 1945 bila dihubungkan dengan proklamasi kemerdekaan RI adalah ....
A.
Bahwa Pancasila menjiwai nilai-nilai Proklamasi kemerdekaan RI
B.
Proklamasi kemerdekaan RI menyemangati nilai nilai Pancasila
C.
Antara Pancasila dengan proklamasi
mempunyai hubungan yang erat
yaitu semangat proklamasi dijiwai oleh nilai –nilai pancasila
D.
Tanpa ada semangat proklamasi kemerdekaan RI maka rumusan Pancasila
tidak akan terbentuk
15.
Pemeluk agama Islam
beribadah di Masjid, pemeluk agama Kristen beribadah di Gereja, dan pemeluk
agama Hindu beribadah di Pura. Perbedaan
tempat ibadah menunjukkan bahwa manusia diatur dengan norma....
A.
Kesusilaan
B.
Agama
C.
Kesopanan
D.
Hukum
16.
Perbuatan yang dilakukan
oleh individu dalam pergaulan sehari-hari disebut....
A.
Cara
B.
Kebiasaan
C.
Tata kelakuan
D.
Adat Istiadat
17.
Makna alenia pertama dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 adalah....
A.
Bangsa Indonesia cinta
damai
B.
Bangsa Indonesia menolak
perdamaian
C.
Bangsa Indonesia
menginginkan perdamaian
D.
Bangsa Indonesia
berpendirian anti penjajahan
18.
Salah satu fungsi
konstitusi adalah membatasi kekuasaan pemerintah. Selain sebagai pembatas
kekuasaan, konstitusi juga digunakan sebagai alat....
A.
Memperlemah posisi warga
negara
B.
Menjamin hak-hak warga
negara
C.
Mempertahankan kekuasaan
D.
Menekan rakyat
19.
Berdasarkan tata urutan
peraturan perundang-undangan di Indonesia, peraturan tertinggi yang menjadi
landasan peraturan di bawahnya adalah....
A.
Pancasila B. UUD 1945 C.
Undang-Undang D.Pembukaan
UUD
20.
Peraturan
perundang-undangan nasional banyak jenisnya dan tersusun secara hirarki. Kata
“hirarki” berarti....
A.
Peraturan harus memberikan
perlindungan untuk menciptakan ketentraman masyarakat
B.
Peraturan harus
mencerminkan perlindungan dan penghormatan hak asasi manusia
C.
Peraturan harus
mencerminkan sifat dan watak bangsa Indonesia yang majemuk
D.
Peraturan yang lebih
rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan di atasnya
21.
Alasan yang menunjukkan
bahwa setiap bangsa harus merdeka, yaitu.....
A.
Kemerdekaan merupakan hak
asasi manusia
B.
Peradaban manusia
senantiasa berkembang
C.
Negara-negara modern tidak
ada yang menjajah
D.
Setiap negara mulai
menyadari pedihnya penjajahan
22.
Raja atau penguasa
mendapat kekuasaan tertinggi dari Tuhan. Teori ini pernah dianut oleh negara
Jepang pada saat dipimpin kaisar Tenno Heika. Ciri-ciri tersebut menunjukkan
teori kedaulatan....
A.
Raja
B.
Negara
C.
Rakyat
D.
Tuhan
23.
Sanksi terhadap
pelanggaran norma hukum ditunjukkan oleh pernyataan....
A.
Kepala adat mengasingkan
warganya karena mencuri
B.
Seorang peserta didik
dijauhi teman-temannya karena suka berbicara kotor
C.
Seorang perampok babak
belur dipukul warga saat mencoba melarikan diri
D.
Seorang pencuri kakao
dijatuhi hukuman percobaan selama satu bulan 15 hari
24.
Contoh pelaksanaan norma
hukum dalam hidup berbangsa dan bernegara adalah ....
1.
Tidak menyalahgunakan jabatan
2.
Membayar pajak tepat pada
waktunya
3.
Menaati peraturan yang
berlaku
4.
Saat berkendaraan membawa
STNK dan SIM
5.
Mengunci rumah saat ditinggal
pergi
Pernyataan diatas yang merupakan contoh
pelaksanaan norma hukum dalam hidup berbangsa dan bernegara adalah sesuai
dengan nomor ....
A.
1 , 2 dan 3
B.
1,2, dan 5
C.
1,3 dan 5
D.
2,3, dan 5
25.
Berdasarkan tata urutan
peraturan perundang-undangan di Indonesia, peraturan yang kedudukannya sejajar
dengan undang-undang adalah....
A.
TAP MPR B. PERPU C. Peraturan Pemerintah D.Peraturan Presiden
26.
Salah satu implementasi
pokok pikiran kedua pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah....
A.
Menggalang persatuan dan
kesatuan bangsa
B.
Menempatkan manusia
sebagai makhluk Tuhan
C.
Menghilangkan penonjolan
kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit
D.
Melindungi kelompok warga
negara yang lemah sehingga dapat bekerja sesuai bidangnya
27.
Contoh kedaulatan kedalam
negara Indonesia ditunjukkan oleh pilihan....
A.
Mengirimkan kontingen
garuda ke Lebanon
B.
Mengikuti KTT ASEAN
C.
Menentukan kurikulum
pendidikan nasional
D.
Mengadakan kerjasama
dengan Jepang
28.
Pada tanggal 18 Agustus
1945 hukum dasar negara Indonesia telah disahkan. Akibat hukum yang timbul dari
fakta tersebut adalah...
A.
Kedudukan Pancasila
sebagai dasar negara digantikan oleh UUD 1945
B.
Disahkan pula rumusan
Pancasila sebagai hukum dasar negara
C.
Pancasila dalam piagam
Jakarta tidak berlaku lagi
D.
Disahkan pula Pancasila
sebagai dasar Negara
29.
Seorang pengendara sepeda
motor ditilang karena melanggar rambu-rambu lalu lintas. Pengendara sepeda
motor tersebut harus menjalani sidang dan harus membayar denda. Ketentuan
tersebut menunjukkan salah satu ciri norma yaitu...
A.
Tidak tertulis
B.
Bersifat dinamis
C.
Terdapat sanksi
D.
Bentuk kesepakatan bersama
30.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
Tidak putus asa dan pantang
menyerah
2)
Lebih baik mati dari pada
dijajah
3)
Maj uterus pantang mundur
4)
Berjuang tanpa pamrih dan
mengharapkan imbalan
Nilai-nilai
yang diwariskan oleh para pahlawan bangsa tentang semangat pantang menyerah
untuk mewujudkan cita-citanya dalah pernyataan yang sesuai dengan nomor ....
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
2, 3 dan 4
D.
1, 3 dan 4
31.
Deskripsi kondisi Indonesia sebelum 1908 ditunjukkan
oleh pernyataan pada pilihan....
A.
Belanda ingin kembali menguasai Indonesia setelah
Jepang menyerah kepada Sekutu
B.
Indonesia melakukan reformasi terhadap hukum dasar
negara dan pemerintahan
C.
Bangsa Indonesia menjadi negara yang sederajat dengan
negara lain
D.
Bangsa Indonesia terjajah, mengalami kebodohan dan
kemiskinan
32.
Berikut merupakan pernyataan
berbagai ancaman terhadap NKRI di masa sekarang adalah :
1)
Separatisme 5) KKN
2)
Makar
6) Penyalahgunaan Narkoba\
3)
Huru hara 7) Kesenjangan ekonomi
4)
Konflik antar masyarakat
Bentuk
ancaman fisik terhadap NKRI di masa sekarang sesuai pernyataan nomor ...
A.
1,2,3, dan 4
B.
1,2,3, dan 5
C.
1,2,3, dan 6
D.
1,2,4, dan 5
33.
Berikut merupakan contoh
pernyataan berbagai ancaman terhadap NKRI di masa sekarang adalah :
1)
Organisasi Papua Merdeka (
OPM ) merupakan kelompok separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI
2)
Razia yang dilakukan oleh
organisasi yang mengatasnamakan kelompok / golongan tertentu.
3)
Saling memfitnah dengan
menyebarkan berita bohong ( Hoax ) di
media sosial
Contoh
peristiwa tersebut diatas jika dikaitkan dengan keutuhan NKRI adalah dapat mengakibatkan ..
A.
Keresahan dan kerusuhan
B.
Melunturkan nilai-nilai luhur
bangsa
C.
Hidup yang saling curiga
mencurigai
D.
Meretakkan rasa persatuan dan
kesatuan
34.
Syair lagu , “Ada Jawa, ada
Sunda, ada Batak , ada Aceh dan banyak lagi suku bangsa lainnya itulah
Indonesia “.. Indonesia adalah negeriku yang tercinta. Karena itulah sebagai
warga negara akan tetap menjaga dan mempertahankan keutuhan persatuan dan
kesatuan dengan cara ....
A.
Belajar dengan giat dan rajin
B.
Hidup rukun tanpa
membeda-bedakan
C.
Melakukan kunjungan ke daerah
lain
D.
Mempelajari keanekaragaman
bangsa
35.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
|
1:
Perasaan Senasib, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan |
2: Proklamasi
Kemerdekaan, Pembukaan UUD 1945, Pancasila , UUD 1945 |
|
3: Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika |
4: Lambang
Negara, Bahasa Persatuan, Bendera Negara, Lagu
Kebangsaan |
Pilar-pilar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
sesuai dengan pernyataan pada kolom ...
- 1
- 2
- 3
- 4
36.
Perhatikan
organisasi-organisasi kebangsaan yang muncul setelah Budi Utomo berikut ini!
1)
Perhimpunan Indonesia
2)
Sarekat Islam
3)
Partai Nasional Indonesia
4)
Indische Partij
Urutan kemunculan organisasi-organisasi
kebangsaan berdasarkan kelahirannya ditunjukkan
oleh urutan angka....
- 1,2,3, dan 4
- 2,1,4, dan 3
- 2,4,1, dan 3
- 4,3,2, dan 1
37.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
Bergaul tanpa membedakan
teman
2)
Menghindari perkelahian
3)
Hidup rukun dan damai
4)
Meminjam tugas rumah teman
5)
Membela teman
Contoh
perilaku membina persatuan dan kesatuan antar pelajar sesuai pernyataan nomor
....
- 1,
2, dan 4
- 1,
4, dan 5
- 1,
2,
dan 3
- 3,
4.
dan 5
38.
Perhatikan salah satu
bunyi Sumpah Pemuda berikut!
“Kami Putra
dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”
Bentuk penerapan gagasan
atau bunyi Sumpah pemuda tersebut ialah...
A. Menjadikan
bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi antar suku
B. Para
pemuda berupaya menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional
C. Pemerintah
menjadikan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi dalam
kehidupan sehari-hari
D. Pemerintah
menghapuskan bahasa daerah dan memberlakukan bahasa Indonesia sebagai bahasa
persatuan
39.
Perhatikan ilustrasi
berikut ini:
“Sebagai siswa kelas IX Ana memiliki tubuh yang tinggi. Selain memiliki
tubuh lebih tinggi disbanding teman-teman lain, kulitnyapun berwarna putih.
Adapun rambut berwarna pirang dan hidungnya mancung. ia dikenal sebagai siswa
religious. Ana selalu ke Wihara untuk melakukan peribadatan”
Berdasarkan ilustasi tersebut, ras yang
dimiliki dan agama yang dianut Ana adalah....
A.
Melanesoid dan Konghucu
B.
Kaukasoid dan Buddha
C.
Mongoloid dan Hindu
D.
Veddoid dan Buddha
- Gambaran mengenai hubungan positif
antara menjaga komitmen Sumpah pemuda dan aktivitas sehari-hari adalah...
A.
Giva hanya mau bergaul
dengan teman dari satu daerah
B.
Ari menggunakan bahasa
Indonesia ketika berbicara dengan Ibu Guru
C.
Bu Lidia menggunakan
bahasa daerah saat memberi tugas kepada siswa
D.
Yuli selalu menggunakan
bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan teman di sekolah
II.
ESSAY
- BPUPKI dibentuk memiliki peran yang penting
dalam merumuskan dasar negara . Bagaimana peran BPUPKI dalam proses perumusan dasar negara Republik
Indonesia?
- Pada 28 Oktober 1928 para pemuda
mengikrarkan teks Sumpah Pemuda. Tuliskan secara urut bunyi teks Sumpah
Pemuda tersebut!
- Mengapa sebelum ditetapkan sebagai
dasar negara, sila pertama dalam Piagam Jakarta harus diubah?
- Norma dalam masyarakat adalah norma
agama, norma kesusilaan, norma hukum dan norma kesopanan. Jelaskan contoh
penerapan dari masing-masing norma tersebut!
- Rendahnya minat pemuda pemuda dalam
melestarikan kebudayaan daerah dipicu munculnya globalisasi. Mereka lebih
senang dengan kebudayaan Barat dan K-Pop. Kondisi ini tentu saja mengancam
kebudayaan daerah. Apa solusi yang dapat kamu berikan kepada pemerintah
untuk mengatasi permasalahan tersebut?
KUNCI
JAWABAN PPKN SMPN UNGGULAN 2 PM
US-BN
TAHUN 2020/2021
|
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
|
1 |
D |
11 |
B |
21 |
A |
31 |
D |
|
2 |
A |
12 |
B |
22 |
D |
32 |
A |
|
3 |
B |
13 |
C |
23 |
D |
33 |
D |
|
4 |
B |
14 |
C |
24 |
A |
34 |
B |
|
5 |
B |
15 |
B |
25 |
B |
35 |
C |
|
6 |
D |
16 |
A |
26 |
D |
36 |
C |
|
7 |
A |
17 |
D |
27 |
C |
37 |
C |
|
8 |
B |
18 |
B |
28 |
D |
38 |
A |
|
9 |
B |
19 |
B |
29 |
C |
39 |
B |
|
10 |
A |
20 |
D |
30 |
A |
40 |
A |
|
A=10
|
B=13 |
C=7 |
D=10 |
||||
KUNCI
ESSAY
1.
Peran
BPUPKI mengadakan dua kali sidang. Sidang pertama pada 29 Mei-1 Juni 1945
membahas mengenai rumusan dasar negara. Sidang kedua pada 10-17 Juli 1945
membahas tentang hukum dasar atau UUD NRI 1945.
2.
Berikut
bunyi teks sumpah pemuda
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,
tanah air Indonesia
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia
mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia
menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
3.
Sila
pertama diubah karena salah satu perwakilan dari Indonesia Timur melakukan
protes untuk menghapus 7 kata “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
pemeluknya” diganti menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” agar persatuan dan
kesatuan antar umat beragama tetap terjaga.
4.
Norma
agama : Beribadah kepada Tuhan, menghargai perbedaan agama
Norma kesopanan : Berbicara dengan sopan kepada orang
yang lebih tua, berpakaian rapi
Norma kesusilaan : berbicara jujur, tidak mencontek
saat ulangan
Norma Hukum : Mentaati peraturan lalu lintas
5.
Solusi
untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggalakkan program kebudayaan
seperti mengadakan festival kebudayaan nusantara atau membuat konsep wisata
budaya selain itu, pemerintah dapat mengangkat kebudayaan daerah dalam bentuk
mata pelajaran muatan lokal.
KUNCI
JAWABAN PPKN SMPN UNGGULAN 2 PM
US-BN
TAHUN 2020/2021
|
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
N0 |
Obsen |
|
1 |
D |
11 |
B |
21 |
A |
31 |
D |
|
2 |
A |
12 |
B |
22 |
D |
32 |
A |
|
3 |
B |
13 |
C |
23 |
D |
33 |
D |
|
4 |
B |
14 |
C |
24 |
A |
34 |
B |
|
5 |
B |
15 |
B |
25 |
B |
35 |
C |
|
6 |
D |
16 |
A |
26 |
D |
36 |
C |
|
7 |
A |
17 |
D |
27 |
C |
37 |
C |
|
8 |
B |
18 |
B |
28 |
D |
38 |
A |
|
9 |
B |
19 |
B |
29 |
C |
39 |
B |
|
10 |
A |
20 |
D |
30 |
A |
40 |
A |
|
A=10 |
B=13 |
C=7 |
D=10 |
||||
KUNCI
ESSAY
1.
Peran
BPUPKI mengadakan dua kali sidang. Sidang pertama pada 29 Mei-1 Juni 1945
membahas mengenai rumusan dasar negara. Sidang kedua pada 10-17 Juli 1945
membahas tentang hukum dasar atau UUD NRI 1945.
2.
Berikut
bunyi teks sumpah pemuda
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,
tanah air Indonesia
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia
mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia
menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
3.
Sila
pertama diubah karena salah satu perwakilan dari Indonesia Timur melakukan
protes untuk menghapus 7 kata “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
pemeluknya” diganti menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” agar persatuan dan
kesatuan antar umat beragama tetap terjaga.
4.
Norma
agama : Beribadah kepada Tuhan, menghargai perbedaan agama
Norma kesopanan : Berbicara dengan sopan kepada orang
yang lebih tua, berpakaian rapi
Norma kesusilaan : berbicara jujur, tidak mencontek
saat ulangan
Norma Hukum : Mentaati peraturan lalu lintas
5.
Solusi
untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggalakkan program kebudayaan
seperti mengadakan festival kebudayaan nusantara atau membuat konsep wisata
budaya selain itu, pemerintah dapat mengangkat kebudayaan daerah dalam bentuk
mata pelajaran muatan lokal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar