PEMERINTAH
KABUPATEN PULAU MOROTAI
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP
NEGERI UNGGULAN 2 PULAU MOROTAI
Alamat : Jl. Himangua Desa Hino
Email: smpn10pm@gmail.com
JAWABALAH
PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BAIK DAN BENAR!
1.
Penjajahan
Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische
Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan
dengan melaksanakan politik….
A. Devide et impera
B. Balas budi
C. Etische Politic
D. Dumping
2. Perhatikanlah nama-nama berikut ini!
1. Baron Van Houvel.
2. Van Den Bosch.
3. Mr. Van Deventer.
4. Edward Douwes Dekker.
Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang
mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya tanam….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
3.
Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di
Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya
sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan
program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang
bernama….
A. Wahidin Sudirohusodo
B. Cipto Mangunkusumo
C. Suwardi Suryaningrat
D. Sutomo
4.
Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini!
1. Wahidin Sudirohusodo.
2. Sutomo.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Cipto Mangunkusumo.
Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan
Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4
5. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.
2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.
3. Menjaga kelestarian alam.
4. Membuang sampah pada tempatnya.
Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa
Indonesia ditunjukkan pada nomor….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4
6. Tindakan saat ini yang tidak sesuai dengan gagasan
Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan adalah….
A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia
belajar dengan serius.
B. Indah ingin sekolah yang tinggi supaya menjadi karyawan di perusahaan
terkenal.
C. Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena
disebabkan tidak ada biaya.
D. Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar.
7. Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak
wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan
fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia
memiliki berbagai….
A. Keistimewaan.
B. Keunggulan.
C. Kehebatan.
D. Kelebihan.
8. Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan
kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….
A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat
dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.
B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat
bicaranya identik dengan budaya negara Korea.
C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena
tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.
D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak
pada sore hari sepulang sekolah.
9. Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang
didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….
A. Jong Sumateramen Bond.
B. Jong Java.
C. Trikoro Dharmo.
D. Sekar Rukun.
10. Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang
dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….
A. Perhimpunan Pelajar Indonesia.
B. Trikoro Dharmo.
C. Perhimpunan Indonesia.
D. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.
11. Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928,
Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda.
Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah,
kemauan, hukum adat serta….
A. Bahasa dan pendidikan.
B. Bahasa dan lagu kebangsaan.
C. Bendera kebangsaan dan lambang negara.
D. Bahasa dan bendera negara
12. Perhatikanlah nama-nama dibawah ini!
1. Soegondo Djojopoespito.
2. R. M. Djoko Marsaid.
3. Amir Syarifuddin.
4. WR. Supratman.
5. Senduk.
6. Johanes Leimena.
Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 5, dan 6
D. 3, 4, 5, dan 6
13. Ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir
kongres, rumusan sumpah Pemuda ditulis oleh seseorang di selembar kertas.
Siapakah yang menulis rumusan tersebut….
A. Soegondo Djojopoespito.
B. Moehammad Yamin.
C. M. Tabrani.
D. Amir Syarifuddin.
14. Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk
menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga ….. bangsa Indonesia
sebagai sebuah negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana
tersebut….
A. Menumbuhkan rasa cinta.
B. Menggerakkan hati.
C. Mempertegas jati diri.
D. Mempertegas keinginan.
15. Aku adalah salah satu tokoh pahlawan nasional
Indonesia yang dieksekusi mati pada tanggal 5 September 1949 dan menolak untuk
menutup mata, karena aku ingin melihat peluru penjajah menebus dadaku. Aku
adalah….
A. I Gusti Ngurah Rai.
B. Chairil Anwar.
C. Wolter Mongonsidi.
D. Wage Rudolf Supratman.
16. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan
dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung
dalam Sumpah Pemuda adalah….
A. Cinta bangsa dan tanah air.
B. Sikap rela berkorban.
C. Menyombongkan diri.
D. Mengutamakan kepentingan bangsa dan bisa menerima serta menghargai
perbedaan.
17. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar bendera negara.
2. Menggunakan bendera negara untuk promosi atau iklan komersial.
3. Membentangkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.
4. Mencetak, menyulam, menulis huruf, angka dan gambar.
5. Mengibarkan bendera negara di depan gedung sekolah.
Dari lima pernyataan diatas, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap bendera
negara ialah….
A. 1, 2, 3, dan 5
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 2, 3, 4, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 4
18. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi negara
Indonesia. Hal tersebut dinyatakan didalam UUD 1945, yaitu pada pasal….
A. Pasal 35.
B. Pasal 36A.
C. Pasal 36.
D. Pasal 36B.
19. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan
pada awal kegiatan belajar adalah untuk….
A. Menanamkan nasionalisme.
B. Menanamkan kebiasaan baik.
C. Menanamkan patriotism.
D. Agar hafal syair lagunya.
20. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar Jawa Timur dan
meninggal di Jakarta 21 Juni 1970. Memiliki Ayah yang bernama Raden Soekemi
Sosrodiharjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai, dan pernah menjadi Presiden
pertama Republik Indonesia. Siapakah tokoh yang dimaksud tersebut….
A. Megawati.
B. Moh. Hatta.
C. Soeharto.
D. Ir. Soekarno.
21. Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dalam
memanfaatkan kekayaan wilayah nusantara untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan
hidup sehari-hari. Hal tersebut adalah wujud dari Indonesia sebagai kesatuan….
A. Ekonomi.
B. Sosial Budaya.
C. Wilayah.
D. Pendidikan
22. Sebagai seorang pelajar, Andi memiliki impian
menjadi seorang Polisi. Ia beralasan agar dapat melindungi Indonesia dari
segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga
negara Indonesia. Hal tersebut menunjukkan makna dari Indonesia sebagai satu
kesatuan….
A. Politik.
B. Pertahanan dan Keamanan.
C. Ekonomi.
D. Sosial Budaya.
23. Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan yang
digunakan untuk mengabdi kepada negara adalah perwujudan perilaku semangat dan
komitmen kebangsaan yaitu….
A. Rela berkorban.
B. Semangat kekeluargaan.
C. Cinta tanah air.
D. Membina persatuan dan kesatuan.
24. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Indonesia.
2. Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan bangsa.
3. Memberikan tenaga dan waktu dengan ikhlas untuk kepentingan bersama.
Ketiga pernyataan tersebut menggambarkan perilaku dan komitmen kebangsaan
yaitu….
A. Membina persatuan dan kesatuan.
B. Semangat mengabdi.
C. Cinta tanah air.
D. Rela berkorban.
25. Pak Dedi merupakan seorang pejabat di lingkungan
pemerintahan di kota tempat ia tinggal. Pak Dedi memiliki sikap disiplin dan
tidak pernah melanggar hukum terutama yang berhubungan dengan korupsi. Sikap
tersebut mencerminkan….
A. Ketokohan.
B. Keteladanan.
C. Kebangsaan.
D. Pewarisan.
B. ESSAY
26.
Tulislah
lagu Bangun Pemudi Pemuda karangan A.
Simanjuntak!
27.
Tulislah teks Sumpah Pemuda!
28.
Berikan 4 contoh perilaku sebagai wujud pengamalan
nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda!
29.
Tuliskan 4 contoh nilai religious!
30.
Apakah yang di maksud dengan kebangkitan
nasional!
KUNCI JAWABAN
SEMESTER GENAP 2020-2021
PPKN
- PILIHAN
GANDA
|
1.A |
6.A |
11.A |
16.C |
21.C |
|
2.C |
7,B |
12.C |
17.A |
22.B |
|
3.A |
8.A |
13.B |
18.C |
23.C |
|
4.D |
9.C |
14.C |
19.A |
24.D |
|
5.B |
10.A |
15.C |
20.D |
25.B |
|
A=8 |
B=5 |
C=9 |
D=3 |
|
- ESSAY
26. Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Sudi tetap berusaha jujur
dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai
putra negri
27. Pertama: Kami putra dan
putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga:Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa
Indonesia
28.
Nilai-nilai Luhur yang terkandung dalam Sumpah
Pemuda Antara Lain:
a.
cinta tanah air dan bangsa
b.
persatuan
c.
sikap rela berkorban
d.
mengutamakan kepentingan bangsa
e.
semnagat persaudaraan
f.
semangat gotong royong
29. yakin dan percaya
terhadap tuhan yang maha esa, hormat dan menghormati dan bekerja sama, saling
menghormati kebebasan memeluk agama, tidak memaksakan suatu agama kepada orang
lain
30. kebangkitan nasional adalah sesi
pergerakan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai
suatu bangsa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar