Jumat, 21 Mei 2021

PEDOMAN PENYUSUNAN KISI-KISI PELAKSANAAN ASESMEN PENDIDIKAN INKLUSIF TAHAP 2

 

PEDOMAN PENYUSUNAN KISI-KISI PELAKSANAAN ASESMEN

 

 

Nama Anak (Inisial)                                      : Rian Ambari

Usia                                                                 : 14 tahun

Kelas                                                               : VII

Keberbutuhan Khusus yang Dialami          : DISLEKSIA

Penyusun Kisi-Kisi                                        : Sani Winanti

 

 

Aspek                                                 : Tentukan kompetensi dasar/kemampuan akademik

  yang akan diasesmen semisal membaca, menulis dan

  lain-lain

 

Indikator                                            : Uraikan secara spesifik kemampuan yang akan 

  diasesmen dan hanya mengandung satu kata kerja

  operasional sebagai contoh: menulis huruf a, menunjuk

  benda yang diminta oleh guru

 

Teknik Pengumpulan Data              : Pilih minimal dua teknik pengumpulan data yang

  meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi

 

Pelaksana                                           : Tentukan pihak yang terlibat dalam memperoleh data

  semisal orang tua, siswa, guru kelas, teman sebaya, dan

  lain-lain

 

Durasi                                                 : Tentukan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk

  melakukan pengumpulan data)

           

 

Penjelasan Singkat Teknik Pengumpulan Data

 

1.      Observasi

 

Tujuan Observasi                                : Observasi dilakukan untuk memperoleh data dari

  siswa melalui pengamatan dengan bantuan instrumen

Jenis Observasi                                   : Partisipan (asesor terlibat langsung dalam hal yang

  diamati) atau non partisipan (asesor hanya

  mengamati saja)

Instrumen Observasi                           : Pilih Check List atau Rating Scale

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Check List

 

 

 

Contoh Rating Scale

 

 

2.      Wawancara

Tujuan                                     : Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi secara

   langsung melalui tanya jawab dengan siswa atau pihak lain 

   yang terkait dengan siswa dengan menggunakan instrumen

Jenis Wawancara                    : Wawancara tidak terpimpin, wawancara terpimpin,

  wawancara terpimpin bebas

Instrumen  Wawancara           : Daftar pertanyaan

 

Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

 

No.

Pertanyaan

Jawaban

1

Apakah anak dirumah dapat menyebutkan/mengucapkan benda-benda disekitarnya dengan jelas?

TIDAK JELAS

2

Apakah anak dirumah mampu menggunkan kalimat tanya, sapaan, perintah dalam kehidupan sehari-hari nya ?

BELUM BISA

3

Apakah anak mampu mencocokkan gambar dengan mengucapkan/menyebutkan nama benda yang di cocokkan?

BELUM BISA

4

Bagaimana kemampuan membaca anak ?

 

MASIH TERBATA-BATA

5

Apakah anak mampu menanggapi suatu cerita ?

 

BELUM BISA

6

Apakah anak dapat memberikan kritik/saran terhadap suatu penampilan ? seperti (pentas seni tari, wayang, dll)

BELUM BISA

3.      Tes

Tujuan Tes                              : Tes dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap

  tugas tertentu yang diberikan

Jenis Tes                                  : Tertulis, Lisan dan lain-lain

Instrumen Tes                         : Lembar soal

 

Contoh Tes Tertulis

Salinlah huruf-huruf di bawah ini sesuai contoh !

 

A

Tertulis

E

Tertulis

I

Tertulis

 

 

 

B

Tertulis

F

 

J

 

C

 

G

 

K

 

D

 

H

 

L

 

M

Tertulis

Q

Tertulis

U

Tertulis

 

 

 

N

 

R

 

V

 

O

Tertulis

S

 

W

 

X

 

P

 

T

 

Y

 

Z

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Tes Lisan

 

Bacalah !

 

No

Kata

Terbaca

Ya

Tidak

1

A PI

 

tidak

2

BA JU

iya

 

3

BU KU

iya

 

4

CE RI

 

tidak

5

DU KU

iya

 

6

MA TA

iya

 

7

KA KI

iya

 

8

I KAN

 

tidak

9

RU SA

 

tidak

10

YO YO

iya

 

 

 

4.      Dokumentasi

Tujuan Dokumentasi               : Dokumentasi adalah aktivitas pengumpulan dan analisis

  berkas fisik ataupun digital yang menunjukkan perkembangan 

  siswa.

Jenis Dokumentasi                  : Berkas fisik seperti portofolio tugas siswa atau berkas digital

  seperti rekaman audio/video

Instrumen Dokumentasi          : Daftar berkas yang dibutuhkan

 

 

Contoh Daftar Berkas

 

Daftar Berkas untuk Mengetahui Kemampuan Menulis

 

  1. Lembar kerja siswa jenjang sebelumnya.
  2. Lembar jawaban ujian tertulis jenjang sebelumnya.

Tidak ada komentar:

  Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) buka pendaftaran beasiswa pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia D...