PEDOMAN PENYUSUNAN KISI-KISI PELAKSANAAN ASESMEN
Nama
Anak (Inisial) : Rian Ambari
Kelas :
VII
Keberbutuhan
Khusus yang Dialami :
DISLEKSIA
Penyusun
Kisi-Kisi : Sani
Winanti
Aspek : Tentukan kompetensi
dasar/kemampuan akademik
yang akan diasesmen semisal membaca, menulis
dan
lain-lain
Indikator :
Uraikan secara spesifik kemampuan yang
akan
diasesmen
dan hanya mengandung satu kata kerja
operasional sebagai contoh: menulis huruf a, menunjuk
benda yang diminta oleh guru
Teknik Pengumpulan Data : Pilih minimal dua teknik pengumpulan data yang
meliputi wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi
Pelaksana :
Tentukan
pihak yang terlibat dalam memperoleh data
semisal orang tua, siswa, guru kelas, teman sebaya, dan
lain-lain
Durasi :
Tentukan
estimasi waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan pengumpulan data)
Penjelasan Singkat Teknik Pengumpulan Data
1.
Observasi
Tujuan
Observasi :
Observasi dilakukan untuk memperoleh data dari
siswa melalui
pengamatan dengan bantuan instrumen
Jenis
Observasi :
Partisipan (asesor terlibat langsung
dalam hal yang
diamati) atau non partisipan (asesor hanya
mengamati saja)
Instrumen
Observasi : Pilih Check List atau Rating Scale
Contoh Check List

Contoh Rating Scale

2.
Wawancara
Tujuan : Wawancara dilakukan untuk
memperoleh informasi secara
langsung melalui tanya jawab dengan siswa
atau pihak lain
yang terkait dengan siswa dengan menggunakan
instrumen
Jenis Wawancara : Wawancara tidak terpimpin, wawancara terpimpin,
wawancara terpimpin
bebas
Instrumen Wawancara :
Daftar pertanyaan
Contoh
Daftar Pertanyaan Wawancara
|
No. |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
1 |
Apakah
anak dirumah dapat menyebutkan/mengucapkan benda-benda disekitarnya dengan
jelas? |
TIDAK
JELAS |
|
2 |
Apakah
anak dirumah mampu menggunkan kalimat tanya, sapaan, perintah dalam kehidupan
sehari-hari nya ? |
BELUM
BISA |
|
3 |
Apakah
anak mampu mencocokkan gambar dengan mengucapkan/menyebutkan nama benda yang
di cocokkan? |
BELUM
BISA |
|
4 |
Bagaimana
kemampuan membaca anak ? |
MASIH
TERBATA-BATA |
|
5 |
Apakah
anak mampu menanggapi suatu cerita ? |
BELUM
BISA |
|
6 |
Apakah
anak dapat memberikan kritik/saran terhadap suatu penampilan ? seperti
(pentas seni tari, wayang, dll) |
BELUM
BISA |
3.
Tes
Tujuan Tes : Tes dilakukan untuk mengetahui respon
siswa terhadap
tugas tertentu yang
diberikan
Jenis Tes : Tertulis, Lisan dan lain-lain
Instrumen Tes : Lembar soal
Contoh
Tes Tertulis
Salinlah huruf-huruf di bawah ini
sesuai contoh !
|
A |
Tertulis |
E |
Tertulis |
I |
Tertulis |
|
|
|
|
|||
|
B |
Tertulis |
F |
|
J |
|
|
C |
|
G |
|
K |
|
|
D |
|
H |
|
L |
|
|
M |
Tertulis |
Q |
Tertulis |
U |
Tertulis |
|
|
|
|
|||
|
N |
|
R |
|
V |
|
|
O |
Tertulis |
S |
|
W |
|
|
X |
|
||||
|
P |
|
T |
|
Y |
|
|
Z |
|
Contoh
Tes Lisan
Bacalah !
|
No |
Kata |
Terbaca |
|
|
Ya |
Tidak |
||
|
1 |
A
PI |
|
tidak |
|
2 |
BA
JU |
iya |
|
|
3 |
BU
KU |
iya |
|
|
4 |
CE
RI |
|
tidak |
|
5 |
DU
KU |
iya |
|
|
6 |
MA
TA |
iya |
|
|
7 |
KA
KI |
iya |
|
|
8 |
I
KAN |
|
tidak |
|
9 |
RU
SA |
|
tidak |
|
10 |
YO
YO |
iya |
|
4.
Dokumentasi
Tujuan Dokumentasi : Dokumentasi adalah aktivitas
pengumpulan dan analisis
berkas fisik ataupun digital yang menunjukkan
perkembangan
siswa.
Jenis Dokumentasi : Berkas fisik seperti
portofolio tugas siswa atau berkas digital
seperti rekaman
audio/video
Instrumen Dokumentasi : Daftar berkas yang dibutuhkan
Contoh
Daftar Berkas
Daftar Berkas untuk Mengetahui Kemampuan Menulis
- Lembar kerja siswa jenjang sebelumnya.
- Lembar jawaban ujian tertulis jenjang sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar